Tiara Andini, Peraih Emas Asian Games dari Sepeda Gunung

Jakarta, KPonline – Atlet sepeda gunung putri Tiara Andini Prastika sukses menyabet medali emas Asian Games dari nomor downhill dalam lomba yang digelar di Khe Bun Hill Subang, Senin (20/8).

Tiara memastikan kemenangannya dengan catatan waktu 2 menit 33,056 detik.

Bacaan Lainnya

Tiara, begitu ia akrab disapa, sebenarnya masih terhitung baru bergabung di dunia downhill Tanah Air lantaran sebelumnya berkonsentrasi di cabang road-bike.

Dilansir indosport.com, Tiara Andini memulai karier sebagai atlet saat berusia 16 tahun. Atlet kelahiran 22 Maret 1996 itu menyukai pompaan adrenalin yang ia rasakan saat mengendarai sepeda menuruni bukit.

Sebelum meraih medali emas di Asian Games 2018, Tiara Andini sudah meraih berbagai prestasi baik di dalam maupun luar negeri.

Pada tahun 2012, Tiara meraih peringkat pertama dalam Kejurnas PB ISSI.

Di tahun yang sama Tiara meraih peringkat ketiga di Specialized Asia Pacific Downholl Challenge. Tiara juga meraih peringkat ketiga di IDH Kejurnas 2012 Seri 5.

Tahun 2013, Tiara kembali meraih peringkat pertama di Kejurnas PB ISSI. Dan peringkat pertama di Porprov Jawa Tengah 2013. Itulah sederet prestasi Tiara Andini di tingkat nasional.

Dan berbicara prestasi Internasional, prestasi Tiara juga tak kalah mentereng. Tiara Andini meraih peringkat 3 di Asia Championship Downhill 2017 dan 2018.

Pada Kejuaraan Dunia 2017 lalu, Tiara menduduki peringkat 14. Dan kini Tiara Andini ada di peringkat ke-16 dalam rangking Union Cycliste International (federasi balap sepeda internasional).

Pos terkait