Satu Tambahan Emas dari Wushu Dipersembahkan Lindswell Kwok

  • Whatsapp
Atlet wushu Indonesia Lindswell Kwok menunjukkan medali emas dari nomor Tajiquan dan Taijijian Putri Wushu Asian Games 2018 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Senin (20/8/2018). (Antara - INASGOC - Ismar Patrizki)

Jakarta, KPonline – Atlet wushu Indonesia, Lindswell Kwok, meraih medali emas di Asian Games 2018. Ia menjadi yang terbaik di nomor Taijiquan-Taijijian putri dalam pertandingan di JIExpo, Jakarta, Senin (20/8/2018).

Capaian ini tidak begitu mengejutkan. Karena, memang, Lindswell menjadi andalan Indonesia di cabang olahraga wushu. Ia ditargetkan meraih emas dalam cabang ini.

Bacaan Lainnya

Sayangnya, ajang Asian Games 2018 bisa jadi merupakan kompetisi terakhir yang akan diikuti Lindswell. Pasalnya, ia ingin menjadikan Asian Games sebagai penutup karier indahnya si wushu.

Lindswell memilih pensiun di usia yang terbilang masih muda, yakni 26 tahun.

Dilansir viva.co.id, Linsdwell Kwok atau biasa dipanggil Linsdwell lahir di Medan, 24 September 1991. Ia putri bungsu dari pasangan Tjoa Eng Hing dan Nuraini. Wanita yang mengidolakan aktor laga mandarin Jet Li ini sudah mulai latihan wushu sejak kecil.

Wanita cantik ini pernah berpikir jika wushu bukanlah karier pilihannya, karena saat itu ia belum suka dan masih dipaksa untuk latihan wushu. Sang kakak, Iwan Kwok lah yang terlebih dahulu belajar wushu, yang kemudian menjadi motivasinya saat itu.

Seiring berjalannya waktu, ia sering melihat atlet-atlet senior yang berprestasi dan ia mulai berpikir ingin seperti mereka. Bayangan Lindswel terbukti. Ia kemudian menekuninya olahraga wushu.

Berkat ketekunanannya berlatih, Lindswell selalu meraih medali setiap kali mengikuti turnamen atau kompetisi. Ia  memulai dengan menyabet 1 Medali Perak pada Kejurnas Jakarta, 2005. Saat itu usianya menginjak 14 tahun. Setahun kemudian, ia meraih 1 Medali Perunggu Kejuaraan Dunia Junior, Kualalumpur 2006.

Setiap tahun, ia pasti mendapatkan medali. Medali emas pertama kali, ia peroleh pada ajang Asean Junior, Macau, dan  World Wushu Champion Toronto, Canada, 2009.

Kariernya cukup mengejutkan dan ia tak pernah menyangka jika olahraga ini berhasil mengumandangkan nama Indonesia di dunia Internasional. Pada ajang World Wushu Championships (WWC) baik level junior atau senior, ia berhasil meraih medali emas bagi Indonesia.

Terbaru pada SEA Games Malaysia 2017, Lindswell berhasil menyumbangkan medali emas. Kemenangannya ia menciptakan sejarah menjadi satu-satunya atlet wushu yang mencatatkan empat medali emas berturut-turut di ajang SEA Games.

Pos terkait