Ini Prestasi Khoiful Mukhib yang Sumbangkan Emas Untuk Kontingan Indonesia

  • Whatsapp
Medali emas keempat Indonesia diraih Khoirul Mukhib dari MTB nomor downhill putra di Subang. Dia menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 2 menit 16,687 detik. Foto/Tim CdM

Jakarta, KPonline – Setelah Tiara Andini Prastika mempersembahkan medali emas dari cabang olah raga sepeda gunung dalam Asian Games, Senin (20/8/2018), atlet Khoiful Mukhib mengulang sukses yang sama. Dengan demikian, di Indonesia mengawinkan medali emas di nomor downhill balap sepeda yang berlangsung di Subang, Jawa Barat, tersebut.

Sementara itu, pebalap Indonesia lainnya, Nining Porwaningsih, meraih perunggu. Prestasi ini menandai kejayaan Indonesia di cabang balap sepeda gunung downhill.

Bacaan Lainnya

Khoiful menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 2 menit 16,687 detik. Sedangkan Shengshan Chiang (Taiwan) dan Suebsakun Sukchanya (Thailand) berada di posisi kedua dan ketiga dengan selisih 1,497 detik dan 1,762 detik.

Kelahiran 5 Desember 1990 ini mengawali karirnya sebagai atlet sejak melihat teman-temannya berhasil meraih piala di kejuaraan BMX. Dia pun termotivasi untuk mengikuti berbagai kejuaraan BMX dikotanya demi mengejar impiannya

Dilansir indonesiandownhill.com (7/4/2018), pada 2009, Mukhib bertemu dengan Rudy Purnomo, Manager 76 Team saat berlangsungnya kejuaraan BMX di Jepara. Melihat kemampuan Mukhib, Rudy langsung menawarinya untuk bergabung dengan tim yang saat itu sedang ingin dibentuknya. Keinginannya untuk meraih juara, tidak mudah menyerah dan mau belajar, menjadi pertimbangan Rudy saat itu.

Akhirnya Mukhib bergabung dan langsung merebut juara umum untuk kelas Mens Sport versi UKDI tahun 2010. Berbekal kemenangan tersebut, Mukhib langsung naik ke kelas Men Elite untuk tahun selanjutnya. Persaingan yang cukup berat dengan seniornya, membuatnya hanya mampu berada pada sepuluh besar.

Penghargaan Rookie of the Year 2011 membuktikan kemampuannya sebagai pendatang baru di kelas Men Elite. Tahun 2012 menjadi tahun pembuktian Mukhib dengan merebut juara umum kelas Men Elite. Mukhib mampu bersaing dan terus berlatih untuk merebut juara pada 2013.

Berikut adalah prestasi yang pernah diraihnya:

2010 – 1 Overall Men Sport DJARUM 76-UKDI Nasional Championship
2011 – Indonesia Downhill Best Men Elite Rookie of The Year 2011
2012 – 1 Overall Men Elite DJARUM 76 Indonesian Downhill 2012
2013 – 1 Overall Men Elite DJARUM 76 Indonesian Downhill 2013

Pos terkait