Indonesia Sapu Bersih Medali Emas Pencak Silat, Nama Prabowo Subianto Berkibar

  • Whatsapp

Jakarta, KPonline – Indonesia menyapu bersih medali emas di Asian Games 2018 dari cabang olah raga pencak silat. Di tengah-tengah ‘hujan’ emas ini, ucapan terima kasih disampaikan untuk Prabowo Subianto.

Ucapan terima kasih itu datang dari Yola Primadona Jampil yang meraih medali emas dari nomor seni ganda putra bersama Hendy.

Bacaan Lainnya

Usai meraih medali, Yola mengucapkan terima kasih untuk Prabowo Subianto. Menurutnya, Prabowo tak pernah lelah memberi dukungan.

“Saya juga ucapkan terima kasih untuk PB IPSI dan Ketua Umum, Prabowo. Selama empat tahun ini mereka tiada henti mendukung kami,” kata Yola.

Tak hanya Yola, dilansir IDN Times, di media sosial, nama Prabowo berkibar dieluk-elukkan.

“Ya Allah.. Pak Prabowo baru jd ketum pencak silat aja bs nyumbang 8 emas utk Indonesia. Klo jd Presiden keknya bakal borong semua emas yg ada di Asian Games,” tulis @dulatips di twitter-nya.

Ada juga warganet yang mempertanyakan kepada siapa ucapan terima kasih sebaiknya disampaikan, apakah
kepada Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo atau Prabowo?

“Ketua Ikatan pencak silat itu prabowo ya? Indonesia byk mendukang emas dr pencak silat. Ini terimakasihnya ke prabowo atau jokowi ya? #Eaaa,” tulis pemilik akun @Umar_Hasibuan_.

Ucapan terima kasih juga datang dari pemilik akun @ferizandra kepada Prabowo, yang sudah memimpin PB
IPSI hingga menymbang meadil emas terbanyak di cabang pencak silat.

Pencak Silat

Prabowo Subianto terpilih jadi ketua umum IPSI pada 2016 lalu secara aklamasi.

Dia juga menjabat sebagai Presiden Persekutuan Pencak Silat Antarabangsa (Persilat).

Dikutip dalam laman prabowosubianto.info, kecintaan Prabowo pada seni bela diri  pencak silat dimulai sejak Prabowo masuk Akademi Militer (Akmil). Saat menjabat sebagai Komandan  Kopassus, seluruh pasukannya diwajibkan berlatih silat.

Selama menjadi ketua umum IPSI, tim nasional pencak silat Indonesia selalu juara umum dalam ajang  internasional seperti Sea Games dan ASEAN Games. Salah satu cita-cita Prabowo adalah menjadikan pencak  silat salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade.

IPSI adalah induk organisasi resmi pencak silat di Indonesia di bawah naungan Komite Olahraga Nasional
Indonesia (KONI). Pencak silat merupakan olahraga seni beladiri yang berasal dari bangsa Melayu,  termasuk Indonesia.

Jumlah perguruan pencak silat sangat banyak, berdasarkan catatan PB IPSI hingga 1993 telah mencapai  840 perguruan pencak silat di Indonesia. Induk organisasi pencak silat di Indonesia adalah IPSI yang  didirikan pada 18 Mei 1948 di Surakarta, Jawa Tengah.

Upaya untuk mempersatukan pencak silat sebetulnya sudah dimulai pada masa penjajahan Belanda. Pada  1922 di Segalaherang, Subang, Jawa Barat, didirikan Perhimpunan Pencak Silat Indonesia untuk menggabungkan aliran pencak Jawa Barat yang tersebar di seluruh kepulauan Nusantara.

Pos terkait