Setelah Menabung 29 Tahun, Seorang Buruh Akhirnya Naik Haji

  • Whatsapp
foto : sindonews.com

Buruh Sadap Karet Ini Naik Haji Setelah Menabung 29 Tahun

CILACAP KPOnline – Seorang buruh sadap getah karet di Cilacap, Jawa Tengah, mampu menjalankan ibadah haji. Padahal, upah sebagai buruh penyadap karet sangat minim yakni Rp19 ribu per hari. Keberhasilan menjalankan ibadah haji ini karena kesabarannya menabung dengan menyisihkan sebagian upahnya selama 29 tahun.

Bacaan Lainnya

Buruh sadap karet itu bernama Poniman. Sehari-hari, warga Desa Pegadingan, Kecamatan Cipari, Cilacap, Jawa Tengah, menyiapkan peralatan untuk menyadap getah karet. Untuk menuju perkebunan karet, Poniman harus menempuh perjalanan cukup panjang dari rumahnya.

Sesampainya di perkebunan karet, Poniman langsung memainkan pisau yang digunakan untuk mengelupas kulit pohon karet satu persatu. Pohon karet di perkebunan milik PT Jawattie ini disadapnya.

Dari hasil kerja menyadap getah karet, Poniman mendapat upah sebesar Rp19 ribu per hari. Aktivitas Poniman ini dijalaninya demi tujuan menghidupi keluarganya dan menunaikan ibadah haji.

Perjuangan Poniman untuk dapat menjalankan ibadah haji tidaklah mudah. Poniman harus menabung dengan menyisihkan sebagian upahnya sebagai buruh sadap getah karet selama 29 tahun.

Meski upah yang didapat dari menyadap getah karet tak cukup untuk membiayai keluarganya, berkat keuletan dan kemauan yang kuat Poniman akhirnya mampu menjalankan ibadah haji pada tahun ini.

Niat Poniman untuk menjalankan ibadah haji ini mendapat dukungan dari sang istri, Sainem. Meski upah yang didapat sang suami belum cukup untuk kebutuhan sehari-hari, Sainem merasa bangga dengan tekad suaminya yang mempunyai keinginan menjalankan ibadah haji sejak masih muda.

Kini, cita-cita Poniman menjalankan ibadah haji bakal segera terwujud. Dia dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada 18 September mendatang melalui Embarkasi Solo. Setelah menjalankan ibadah haji, laki-laki berusia 59 tahun ini masih mempunyai keinginan lain, yakni memberangkatkan istrinya menjalankan ibadah haji.

http://daerah.sindonews.com/read/898756/22/buruh-sadap-karet-ini-naik-haji-setelah-menabung-29-tahun

Pos terkait