Rayakan Kemerdekaan RI Ke-74 Tahun, Anak-anak Desa Wanasari Antusias Ikutin Lomba

Subang, KPonline – Perayaan hari kemerdekaan RI dirayakan dengan berbagai cara oleh beberapa kalangan di seluruh Indonesia walau masih di tengah pandemi.

Di perkotaan, di pedesaan, dan di kampung-kampung pun tak luput dari perayaan yang diikuti oleh anak-anak, dewasa serta orang tua sekalipun.

Meriahnya perayaan hari kemerdekaan indonesia ini tidak terlepas dari besarnya rasa kecintaan masyarakat kepada bangsanya sendiri.

Hal ini dijadikan momentum yang sangat penting untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang terdahulu sudah berjuang dari cengkeraman para penjajah.

Perjuangan demi meraih kemerdekaan sangatlah panjang , dan sama sekali tidak mudah. Banyaknya halangan, dan rintangan serta ancaman para pejuang saat itu.

Dari informasi yang dihimpun Media Perdjoeangan, tampak di salah satu pedesaan yang beralamat di desa Wanasari, kecamatan Cipunagara, kabupaten Subang sedang memeriahkan hari kemerdekaan dengan berbagai macam perlombaan yang dikuti oleh anak-anak, dan dewasa.

Akses jalan Perempatan Masjid (Parmas) biasa warga sekitar memanggilnya tampak pukul 16:15 WIB sudah ramai didatangi warga sekitar, Senin (16/8/2021).

“Ini bagian dari bentuk kita sebagai anak bangsa menghormati jasa para pahlawan terdahulu yang berjuang melawan penjajah. Beberapa perlombaan yang manarik, dan sekaligus menghibur para peserta lomba lainnya. 17 Agustus adalah hari momentum yang patut kita ketahui karena punya nilai sejarah penting untuk bangsa Indonesia,” ucap salah satu peserta lomba.

Lebih lanjut menurutnya, sejak proklamasi dibacakan, setiap tahunnya pada tanggal 17 Agustus, masyarakat Indonesia merayakan hari kemerdekaannya. Berbagai perayaan diselenggarakan demi untuk menyemarakkan hari perayaan tersebut.

“Gigihnya rasa perjuangan,dan kesatuan masyarakat Indonesia, kemerdekaan kemudian tidak lagi menjadi suatu hal yang mustahil untuk diraih. Maka dari situlah tercetuskan hari kemerdekaan RI tepat tanggal 17 Agustus 1945,” tambahnya.

Sejarah kemerdekaan kini sudah terukir di setiap pelosok negeri, menghormati jasa para pahlawan yang berjuang terdahulu pun terus bersemayan di setiap hati rakyat diseluruh Indonesia.

Ditetapkannya hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 telah dimulai ketika Jepang, yang menjajah Indonesia pada saat itu, menyerah kepada pihak sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945.

Selain dilangsungkan setiap hari Senin di kantor-kantor maupun sekolah, upacara bendera juga diselenggarakan setiap tanggal 17 Agustus pada pagi hari. Upacara bendera dalam hal ini dilangsungkan secara khidmat.

Oleh karena itu, upacara bendera tidak dilangsungkan hanya sebagai ritual kemerdekaan semata, akan tetapi sebagai sebuah upaya yang dilakukan untuk mengenang guna menghargai perjuangan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945.

Upacara bendera dapat menumbuhkan rasa Nasionalisme yang tinggi, memperbesar rasa semangat serta kecintaan terhadap tanah air, juga menumbuhkan rasa persatuan, kesatuan bangsa Indonesia.

Penulis: Jhole
Foto: Jhole