PP SPAMK FSPMI Selenggarakan Pelatihan Riset

Bogor, KPonline – Pimpinan Pusat Serikat Pekerja Automotif Mesin dan Komponen selenggarakan Pelatihan Riset untuk pengurus Pimpinan Cabang SPAMK FSPMI seluruh Indonesia.

Mengangkat tema “Menuju Kemandirian Dan Kedaulatan Pekerja Yang Sejahtera Dan Profesional”, selama dua hari, Rabu dan Kamis ( 21-22/8/2019 ), bertempat di Training Center FSPMI, Cisarua Bogor diselenggarakannya Pelatihan tersebut.

Tercatat 8 Perwakilan Cabang dan beberapa pengurus Pimpinan Pusat SPAMK FSPMI tampak hadir untuk mengikuti agenda tersebut, seperti Muhammad Nur Yasin, Nur Khanifah dan Sri Andayani.

Dalam sambutannya sebelum acara dimulai, Heriyanto selaku Ketua PP SPAMK FSPMI menerangkan pentingnya diselenggarakan Pelatihan Riset.

“Seringkali pimpinan buruh mendapatkan data dari peneliti dari luar bukan dari buruh itu sendiri yang mengerti permasalahannya. Untuk itulah diperlukan penelitian,” ucapnya.

Agenda yang dipandu dari 2 orang profesional ini berjalan secara interaktif dengan tanya jawab yang berlangsung dengan serunya sampai larut malam. Tidak ada ketegangan sama sekali dari peserta dalam mengikuti materi yang disampaikan oleh para Tutor.

Harapannya setelah agenda tersebut selesai, para peserta kedepannya dapat melakukan penelitian terhadap permasalahan perburuhan yang terjadi di daerah masing-masing yang hasil penelitiannya mempunyai tujuan :

1. Memberikan rekomendasi kepada Pimpinan Pusat maupun Pimpinan Cabang di daerah.
2. Mengkritisi kebijakan pemerintah di bidang perburuhan.
3. Mempublikasikasikan hasil penelitian dalam berbagai media (dokumentasi).
4. Sebagai bahan diskusi terkait isu-isu ekonomi / perburuhan yang aktual.
5. Memperkuat kaderisasi pekerja yang kritis dan ilmiah. (Sup)