Perkuat Hubungan Industrial, Forum Serikat Pekerja Astra Bertandang Ke Kantor Pusat Perusahaan

Jakarta,KPonline – Jajaran pengurus Forum Serikat Pekerja Astra Otoparts (Forum SP AOP) bertandang ke kantor pusat PT. Astra Internasional, tbk. di bilangan Sunter Agung, Jakarta Utara rabu (23/8/2017). Kantor yang menaungi seluruh perusahaan perusahaan Astra Group tempat mereka berada saat ini.

Awalnya pertemuan ini diprakarsai oleh Gunawan Yuliansyah dari PUK PT.FSCM yang juga menjabat sebagai Direktorat Bidang Hubungan Antar Lembaga di forum tersebut. Maka rombongan yang dipimpin Engkos Kosasih dari PUK PT. ATI selaku Sekretaris Jenderal Forum SP AOP yang dihadiri juga oleh Sumarwi (PUK GS), Dadan Muldan (PUK PAKO), Suswiyanto (PUK FNI), Hidayah (PUK AISIN INDONESIA), Roni Y (PUK AKEBONO) berkesempatan diterima langsung oleh Galih Cipta S, selaku Corporate Industrial Relations PT. Astra Internasional, tbk beserta staff.

Bacaan Lainnya

Hal ini dimaksudkan membangun komunikasi yang baik dan intens sebagai wujud nyata memberi contoh bagaimana hubungan industrial yang harmonis antara manajemen selaku representasi pengusaha dan serikat pekerja sebagai perwakilan karyawan.

Selain bersilaturahmi, pada kesempatan yang baik ini digunakan sebagai ajang untuk memperkenalkan susunan pengurus Forum SP AOP masa bakti 2017 – 2020. Serta menyampaikan hasil Musyawarah Besar Keempat Forum SP AOP yang dilaksanakan di Kuta, Bali beberapa waktu yang lalu.

Dalam kesempatan ini Galih Cipta S mengapresiasi kedatangan pengurus baru Forum SP AOP serta memberi respon positif tentang perlunya membina hubungan industrial yang baik. Disampaikan juga oleh nya, tentang perlunya membangun kesadaran bersama terkait pentingnya peran serikat pekerja dalam sebuah perusahaan. Galih sendiri menyatakan kesiapan nya sebagai jembatan guna mewujudkan kemajuan perusahaan yang tetap mengedepankan kesejahteraan karyawannya.

Pertemuan yang bertempat di gedung AMDI lantai 3 ini, meski dilakukan dengan suasana yang santai dan lugas namun tetap dalam satu kerangka sebagai upaya menyelaraskan visi misi, maupun gagasan besar Forum SP AOP.

Salah satu langkah nya yaitu dengan tetap mengedepankan dan mempertahankan komunikasi yang baik, saling berbagi gagasan serta berbagi konsep bagaimana membangun hubungan industrial yang baik, harmonis serta berkeadilan antara pihak manajemen dan serikat pekerja untuk seluruh perusahaan di Astra Group.

Mulai bersama sama merubah paradigma tentang tabunya menjalin hubungan industrial yang berkeadilan antara manajemen dengan serikat pekerja. Karena serikat pekerja bukan suatu yang harus ditakutkan oleh pihak manajemen atau pengusaha. Mulai bersama sama membuka wawasan tentang pemahaman rasional berkenaan dengan hubungan manajemen dan serikat pekerja sebagai hubungan simbiosis yang saling membutuhkan untuk kemajuan perusahaan dan kesejahteraan pekerja.

Sebuah hal yang tidak sulit jika ada keterbukaan semua pihak untuk saling memahami. Jika hal ini sudah bisa dilakukan dengan baik oleh pihak Astra Internasional, Tbk dengan Forum SP AOP, apalagi yang harus ditakutkan pengusaha dari keberadaan Serikat Pekerja ?

(Jim)

Daftar Sekarang

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar