Pabrikan Smartphone China PHK Karyawannya Besar-besaran

Pabrikan Smartphone China PHK Karyawannya Besar-besaran

Posted by

Dongguan,KPonline– Pabrikan smartphone asal China Gionee dilaporkan telah membuat keputusan PHK yang signifikan, karena menderita kerugian setelah pertempuran yang mahal dengan para rival di pasar perangkat cerdas.

Gionee telah memangkas separuh staf dari pabrik utamanya di Dongguan, China. Kebijakan drastic tersebut terpaksa diambil oleh perusahaan, akibat melambatnya pertumbuhan di pasar dalam negeri.

Para pemain yang lebih besar termasuk Xiaomi dan Huawei terus meningkatkan belanja mereka untuk pemasaran guna melindungi market share yang telah dikuasai, sehingga sulit bagi para pemain lapis kedua dan ketiga untuk bersaing di pasar yang sangat kompetitif.

South China Morning Post melaporkan Gionee adalah pemain terbesar yang lebih kecil (setelah Huawei, Oppo, Vivo, Xiaomi dan pesaing internasional Apple) dan menghabiskan lebih dari USD1 miliar selama dua tahun untuk membangun bisnisnya.

Tapi awal tahun ini, pengadilan memerintahkan pembekuan pada saham di perusahaan yang dipegang oleh pendiri Liu Lirong, karena kegagalan membayar kewajiban kepada para pemasok.

Para eksekutif Gionee mengatakan, bahwa mereka yakin langkah-langkah seperti PHK akan memungkinkan upaya untuk melanjutkan bisnis.

Perusahaan juga mengincar pasar India dan Indonesia untuk mengatrol pertumbuhan. Di sisi lain, untuk memulihkan kondisi keuangan, Gionee dilaporkan juga tengah menjajaki pembicaraan dengan investor baru.

Facebook Comments
#

Comments are closed.