Valentino Rossi : Marquez Menghancurkan Olahraga Kami

  • Whatsapp

Argentina,KPonline – Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez terlibat dalam insiden yang membuatnya bersenggolan dengan pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi pada balapan GP Argentina di Sirkuit Autodromo Termas de Rio Hondo, Minggu (8/4/2018) siang waktu setempat atau Senin (9/4/2018) dini hari WIB.

Pada lap ke-20, Marc Marquez secara tidak sengaja membuat Valentino Rossi terjatuh saat hendak menyalip dari sisi dalam trek.
Marc Marquez yang saat itu mengincar posisi keenam milik Valentino Rossi sebenarnya berhasil melewati The Doctor

Hukuman penalti pada awal balapan membuat Marquez tampil sangat agresif di MotoGP Argentina. Situasi itu membuat sang pebalap sempat kesulitan mengendarai motor Honda RC231V miliknya.

Marquez lantas menyenggol Aleix Espargaro akibat gaya membalap yang terlalu agresif. Pebalap Aprilia Gresini itu sempat kehilangan keseimbangan, namun dia masih bisa mengendalikan motornya dan melanjutkan balapan.

Akan tetapi, situasi berbeda dialami Rossi. The Doctor terjatuh dari motornya akibat mendapat senggolan dari Marquez di sisi kanan. Posisi rider Italia itu pun harus melorot dari urutan ketujuh menjadi ke-19 pada akhir balapan.

“Ini merupakan situasi yang sangat buruk karena Marquez menghancurkan olahraga kami. Marquez tidak memiliki rasa hormat sedikit pun kepada para rivalnya. Dia mungkin tidak akan pernah memiliki sikap itu,” kata Rossi.

“Ketika memacu kendaraan 300 kilometer per jam di lintasan, Anda harus menghormati para rival. Anda harus menjadi lebih kuat dan mencapai performa maksimal. Namun, situasi seperti ini membuat semuanya berakhir,” ucap Valentino Rossi melanjutkan.

Dia [Marquez] menghancurkan olahraga kami karena dia tak punya rasa hormat pada para rivalnya, tidak pernah,” ujar Rossi seperti dikutip dari Bike Sport News.

Rossi menyebut komentar yang ia utarakan itu bukan hanya berdasarkan insiden yang ia alami bersama Marquez.

“Jika kalian mengambil contoh, apa yang terjadi sepanjang minggu ini bisa terjadi pada siapapun. Seorang pebalap bisa saja melakukan kesalahan saat mengerem, bersentuhan dengan pebalap lainnya, karena begitulah perlombaan.”

“Namun sejak Jumat pagi, Marquez sudah melakukan hal-hal seperti itu dengan Vinales, Dovizioso, dengan saya di Sabtu pagi, dan di saat lomba, ia terlibat dengan empat pebalap langsung,” ucap Rossi.

Dengan nihil poin di MotoGP Argentina, The Doctor saat ini masih mengoleksi 16 poin, tertinggal 22 angka dari Cal Crutchlow yang ada di posisi puncak klasemen.

Marquez pada akhirnya juga gagal mendapatkan poin di seri kali ini meski masuk finis di posisi kelima. Marquez kena penalti 30 detik sehingga catatan waktu miliknya membuat ia berada di posisi ke-18.