Orasi Di Batam, Ketua Umum Serikat Pekerja Elektronik FSPMI, Judy Winarno : Waspadai Paham Komunis

  • Whatsapp

Batam,KPonline – Ketua umum Serikat Pekerja Elektronik Elektrik Judy Winarno dalam orasi di depan kantor Walikota Batam sempena aksi hari kerja layak sedunia mengingatkan agar buruh dan masyarakat waspada pada paham komunisme. Menurutnya paham ini akan subur di tengah tengah kondisi ketidakadilan dan kesenjangan yang semakin parah.

Menurutnya paham komunime, yang lahir paska revolusi industri menekankan pada penyamarataan derajat. Jadi semua individu dianggap sama .Idiologi komunis ini lahir dari paham sosialisme yang ada sebelumnya yang tokoh-tokoh pencetusnya antara lain Karl Marx dan Frederich engel.

Bacaan Lainnya

Sosialis berpandangan bahwa perekonomian yang menentukannya adalah kekuataan buruh atau kaum proletar. Jadi bukan para kapitalis atau pemilik modal seperti paham liberal.

Sehingga para buruh bukanlah objek yang hanya dijadikan alat dan diperas tenaganya, tapi menjadi salah satu subjek yang dapat menentukan berjalannya roda perekonomian dan politik.

Paham komunis sebagai kekuatan besar baru lahir dalam revolusi industri yang muncul dalam gerakan protes. Sebagai filsafat politik, ia timbul dengan melepaskan diri dari sistem ekonomi kapitalisme yang mendukung liberalisme. Kapitalisme abad 19 adalah eksploitasi kasar dan persaingan tanpa batas.

Ketidakpuasan dan pergolakan sosial yang ditimbulkan tercermin dalam golongan Sosialisme Utopis dan Marxisme.

Karenanya Judy Winarno mengingatkan agar pemerintah memperhatikan kesejahteraan rakyatnya terutama kaum buruh untuk menangkal paham ini tumbuh kembali.

Pos terkait