Mengenal Sekretaris Garda Metal FSPMI Sumatera Utara

  • Whatsapp

Deli Serdang, KPonline – Berbicara tentang pergerakan kesejahteraan kaum buruh, maka perlulah kita mengulas sedikit tentang beberapa tokoh yang aktif dalam gerakan perjuangan tersebut.

Bukan untuk menjadikan seseorang tersebut menjadi dikenang dan dikenal, tetapi hal ini lebih pada untuk memotivasi pembaca dari cerita nyata yang kami angkat berikut ini.

Bacaan Lainnya

Kali ini koresponden Media Perdjoeangan FSPMI mengangkat satu nama yang dari awal kemunculannya sampai hari ini memberikan kontribusi yang baik dari balik layar perjuangan kesejahteraan kaum buruh.

“Mengenal Sekretaris Garda Metal FSPMI Provinsi Sumatera Utara”

Afriyansyah nama aslinya. Kelahiran sei langgei, Kota Tebing tinggi Provinsi Sumatera Utara 32 tahun silam (1 April 1986) ini merupakan mantan Sekretaris Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Logam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia PT. Asia Raya Foundry (PUK SPL FSPMI PT. ARF) Kab. Deli Sedang priode tahun 2012-2015 yang ter PHK pada awal tahun 2014.

Afriyansyah yang mempunyai nama kecil “Abuy” ini juga merupakan Task Pose Pimpinan Cabang (PC) SPL FSPMI Kab. Deli Serdang sejak tahun 2014.

Pada akhir tahun 2016 Abuy yang gemar menulis ini melebarkan sayapnya dan bergabung bersama Media Perdjoeanagan (MP) FSPMI yang merupakan Pilar utama FSPMI dalam hal Informasi, Komunikasi, propaganda dan Media, dan kini menjadi Kordinator membawahi Provinsi dengan memiliki tim yang mencakup 13 Kab/Kota di Sumatera Utara.

Abuy adalah sosok keras yang mendapatkan kelulusan Pelatihan Dasar Garda Metal FSPMI Pertama (1) di Sumatera Utara pada pertengahan tahun 2015.

Garda Metal sendiri adalah Pilar utama FSPMI yang mempunyai tugas dan fungsi sebagai pengawal aksi dan segala kegiatan FSPMI serta Sosial masyarakat.

Pada tahun 2017, tepatnya bulan januari, Abuy memutuskan untuk mengundurkan diri dari kepengurusan Konsulat Cabang (KC) FSPMI Kab. Deli Serdang (Wakil Ketua) dan dilanjutkan pengunduran dirinya sebagai Task Pose PC SPL FSPMI Kab. Deli Serdang pada awal tahun 2018 dengan alasan ingin fokus bekerja di Pilar FSPMI yaitu Media Perdjoeangan.

Bukan sampai disitu saja, Abuy yang pernah mengikuti Latihan Lanjutan (Lanlan) Garda Metal Pertama (1) dikota Batam ini terpilih sebagai Sekretaris Garda Metal FSPMI Provinsi Sumatera Utara pada Musyawarah Daerah (Musda) Garda Metal FSPMI Provinsi Sumatera Utara September 2018 bersama Apen Manurung yang terpilih sebagai Panglimanya, hingga kini.

Abuy juga aktif sebagai anggota Jaskeswacth yang merupakan Pilar KSPI dalam hal mengawasi Jaminan Kesehatan Nasional di Provinsi Sumatera Utara.

Tak heran jika sosok beliau sangat mudah ditemui dalam kegiatan-kegiatan yang digelar FSPMI, terutama pada aksi-aksi FSPMI SUMUT dalam menyuarakan kesejahteraan bagi kaum Buruh. Beliau selalu menjadi komando dalam hal penggiringan masa menuju titik utama.

Beliau yang kini tidak lagi menjadi pekerja (Veteran Buruh) dan aktif full di Organisasi FSPMI mempunyai motto “Berbedalah dengan mereka yang benar dari kepalsuan” juga aktif dalam memperhatikan Lingkungan dan kegiatan Alam.

Afriyansyah tidak lagi bekerja dan menikmati penghasilan tetap, tetapi tetap menyuarakan keadilan, kesejahteraan dan upah yang layak bagi kaumnya. Memilih berjarak/terpisa jarak dengan keluarganya demi menjalankan cita-cita kaum tertindas yaitu kemuliaan bagi kaum kecil, Buruh.

Saya sangat terheran dengan beliau. Dengan keterbatasan materi dan segala hal lainnya beliau tetap saja tak mengutamakan hal pribadinya.

Ketangguhannya hampir tidak bisa memperlihatkan kekurangannya dalam menjalani kehidupan. Saya tak pernah mendengar keluhan dalam hal apa saja dari beliau.

Begitulah sedikit ulasan dari sosok Afriyansyah “Abuy” Sekretaris Garda Metal FSPMI SUMUT, semoga dari sepenggal kisah beliau dapat memotivasi teman-teman sekalian.

“Bahwa keterbatasan tidak dapat menghentikan kemauan yang dijalani dengan niat yang iklas walaupun hasilnya bukanlah milikmu saat ini, tapi yakinlah hasilnya akan kau rasakan lewat orang lain, bisa saja anakmu, cucumu, dan bangsamu nantinya,” katanya.

Penulis : Trinor Wibowo

Pos terkait