Media Perdjoeangan dan SumutJnews Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik

Deli Serdang, KPonline – Dalam rapat rutin tanggal 13 Oktober 2018 di Simpang Kayu Besar (skb), Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utar, Media Perjuangan dan Sumutjnews online menyepakati untuk menggelar “Pelatihan Dasar Jurnalistik” dengan mengundang para peserta dari masing-masing element yang ada di FSPMI Sumatera, seperti Sahabat Wau, JAKA, Garda Metal, Jamkeswacth, Media Perdjoeangan, serta anggota SumutJnews, Jum’at (19/10/2018)

Pelatihan Dasar Jurnalistik itu akhirnya digelar di Kantor DPW FSPMI Sumatera Utara, Rabu (19/10/2018). Bertujuan agar para buruh yang selalu bergerak di bidang sosial ini bisa mendapat pembelajaran tentang bagaimana tehnik dasar jurnalistik, pengetahuan tentang tata cara menulis yang baik, mengetahui tehnik photo video serta memanfaatkan wadah sebagai alat kampanye menyuarakan kebenaran.

Bacaan Lainnya

Selain mendapatkan pembelajaran tentang menulis, peserta juga mendapatkan informasi tentang pengertian media kampanye, kode etik jurnalistik, cara mencari berita, tehnik dasar menulis, dan tehnik dasar photo dan videografi.

Hal ini sendiri memang sedang dikejar oleh Media Perjdoeangan FSPMI dan Sumutjnews.online Sumatera Utara. Semangat bergerak di bagian tulisan dari yang paling terkecil dengan terus memberikan pelatihan pelatihan seperti ini untuk buruh yang memiliki bakat sebagai penulis yang akan dituangkan lewat berita, puisi, dan videografi.

Adapun materi pembelajaran yang disampaikan adalah tentang teknik penulisan berita, Media Kampanye dan Macam-macam angle,shoot, dan gerakan kamera.

Di hadiri oleh Willy Agus Utomo (WAU) selaku Ketua DPW FSPMI Sumatera Utara dan KC FSPMI Deli Serdang Rianto Sinaga, Pelatihan Dasar Jurnalistik ini juga diisi oleh para pemateri seperti Soni Eka Putra pada tehnik dasar photo dan videografi, Zulfadli pada tehnik dasar Penulisan, dan Afriyansyah pada pengertian Media Kampanye, Kode Etik Jurnalistik, serta cara mencari berita.

Dalam pembukaan pelatihan dasar jurnalistik Willy Agus Utomo mengatakan menjadi seorang jurnalis itu sangat menyenangkan. Apalagi jika usiamu masih muda.

“Kamu tidak hanya menambah wawasanmu saja. Kamu juga berperan sebagai media untuk menambah wawasan pada masyarakat. Hal ini dibuktikan karena profesimu selalu menjadi orang pertama dalam menyebarkan fakta untuk kepentingan publik, khususnya bagi kaum pekerja. pada saat ini media adalah salah satu alat advokasi alternatif,” ujarnya

Selanjutnya dalam pelatihan dasar jurnalistik ini pemateri pertama di bawakan oleh Soni Eka Putra yang memberikan materi tentang tehnik dasar pengambilan angle, shoot dan gerakan kamera, setelah itu di sambung oleh pemateri kedua yaitu Nurfadli memberikan materi Teknik penulisan.

Dalam materi penulisan sangat ditunggu-tunggu oleh para peserta pelatihan dasar jurnalistik karna bukan hanya isi materinya tetapi gaya si pembawa materi sudah dapat meyakinkan para peserta bahwa dia memang berjiwa seni yang tidak di ragukan lagi pada saat memaparkan materi tentang teknik penulisan.

Selanjutnya disesi ketiga, pemateri disambung dengan pemateri yang sudah tidak asing lagi, Afriyansyah atau Abuy pangilannya, memberikan materi tentang pengertian media kampanye, kode etik jurnalistik, fungsi, asas kode etik jurnalistik dan cara mencari dan menulis berita yang benar.

“Setelah pelatihan dasar ini, kedepannya agar lebih semangat dan bisa sebagai contoh untuk jurnalis lain agar melakukan pelatihan pelatihan jurnalistik kepada masyarakat dan kaum buruh” pungkas Zamroni Hidayat selaku Ketua Panitia sekaligus Moderator pada sesi akhir penutupan Pelatihan Dasar Jurnalistik ini. (Isran Tadora Maha)

Pos terkait