Materi Keluh Kesah Dalam Pendidikan Dasar PUK SPL FSPMI Cirebon

  • Whatsapp

Cirebon, KPonline – Dalam agenda pendidikan dasar yang digelar di Bumi Pancasila Kabupaten Cirebon, Sabtu (1/8/2020) yang dilaksanakan selama 2(dua) hari dari tanggal 1-2 Agustus 2020 oleh PUK PT. Handal Aluminium Sukses dan CV. Prima Perkasa dimasukkan pula tentang materi keluh kesah.

Tak bisa ditampik bahwasanya setiap pekerja mempunyai keluh kesah dalam dirinya. Akan tetapi bagaimana untuk menyelesaikannya itu yang masih menjadi kendala. Hal ini disiasati oleh Pimpinan Pusat SPL FSPMI untuk memasukkan materi tersebut.

Bacaan Lainnya

Triwahyu Widodo selaku ketua bidang pendidikan PP SPL FSPMI yang meyampaikan materi tersebut menjelaskan kalau setiap pekerja pasti mempunyai keluh kesah dan harus bisa direspon oleh pengurus. Kepengurusan PUK harus punya hubungan industrial yang harus dijaga agar komunikasi antara PUK dan perusahaan bisa berjalan baik.


Menurutnya pekerja atau anggota serikat harus tahu tentang mekanisme jika ada keluhan. Apabila tidak tepat dalam merespon keluhan maka bisa menjadi masalah bagi pekerja ataupun PUK.

“Setiap ada masalah atau keluhan dari seorang pekerja jangan langsung diserahkan ke PUK, tapi coba dibicarakan terlebih dahulu dengan pimpinan diatasnya lalu bagaimana proses dan hasilnya. Catat setiap pembicaraan dengan pimpinan perusahaan untuk menjadi bukti. Apabila belum ada hasil dari pimpinan perusahaan maka baru komunikasikan dengan perangkat PUK dan perangkat PUK baru akan menindaklanjutinya,” ungkap Triwahyu Widodo dalam materinya.

Foto: Intan Aliyah Handayani

Pos terkait