Majelis Taklim Imaman PT.Flextronics Batam Adakan Bakti Sosial Ke Pulau Naga

Batam,KPonline – Majelis Taklim Imaman (MTI) PT.Flextronics Batam mengadakan Baksos (Bakti Sosial) ke Pulau Nanga Jembatan 6 Barelang (29/4/18). MTI yang beranggotakan karyawan PT. Flextronics ini bekerja sama dengan DSNI (Dana Sosial Nurul Islam) amanah untuk menyalurkan bantuan ke pulau Nanga.

Bantuan yang di berikan berupa paket sembako, alat tulis, pakaian baru dan bekas yang masih layak pakai dan juga uang untuk pembangunan Mesjid yang di salurkan lewat DSNI amanah.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan Baksos ini adalah program rutin MTI setiap tahunya yang bekerja sama dengan DSNI Amanah. Target kita selalu pulau-pulau yang sulit terjangkau dan masih terisolir.” kata Arga sebagai Ketua Umum MTI.

“Saya selalu ikut Baksos ini setiap tahunya. Saya selalu mendapatkan pengalaman baru, cerita baru, disetiap perjalanan Baksos ini. Tambah lagi pemandanganya yang alami yang selalu membuat kita berdecak kagum di setip kunjungan ke pulau-pulau tempat di adakan Baksos.” kata seorang karyawan memberikan pendapat.

Disini ada beberapa donatur tetap yang selalu ikut menyumbang dalam acara Baksos yang di adakan oleh MTI PT. Flextronics. Donatur tersebut merupakan organisasi yang di bentuk oleh karyawan. Seperti OSDP, KKJM dan FSPMI-PUK FLEX.

Untuk sampai ke Pulau ini kita naik Bus dari PT. Flextronics ke jembatan 6 Barelang sekitar 2 jam. Lalu di sambung naik Pompong sekitar 1 jam. Peserta baksos lebih kurang 100 orang sehingga memakai dua Bus dan 3 Pompong.

Sekilas Pulau Nanga ini tampak sangat asri. Pandangan alam lautnya dan pulau-pulau disekitarnya menambah keindahan Pulau tersebut. Penduduknya yang hanya terdiri dari 80 KK mayoritas beragama islam. Penghasilan penduduk mayoritas dari hasil laut. Mereka mencari gonggong, ikan, dan hasil laut lainya lalu di jual ke Batam.

Jamaah MTI disambut dengan hangat oleh penduduk setempat. Mulai dari pertama turun dari Pompong sampai ke mesjid tempat berkumpul. Acara di buka dengan kata sambutan dari Ketua Panitia Baksos, dan beberapa tokoh masyarakat lainya.

Dalam kata sambutanya pengurus mesjid memyampaikan harapanya untuk membeli sebuah mimbar untuk khatib. Pada saat tausiyah dari ustad berjalan, dijalankanlah kotak infaq dan terkumpul infaq dari peserta Baksos sebanyak Rp 2.700.000,-. Semoga bermanfaat untuk membeli Mimbar seperti harapan pengurus Mesjid.

Selanjutnya setelah sholat zuhur berjamaah dilanjutkan dengan acara ramah tamah sambil makan siang dengan seafood (gonggong, ikan bakar, sotong, udang). Semua hidangan merupakan hasil tangkapan penduduk dan dimasak oleh penduduk setempat yang di danai oleh MTI PT. Flextronics. Nikmatnya sungguh luar biasa. Seafood yang dimasak dengan bumbu sederhana rasanya tidak kalah dengan seafood yang ada di restoran.

Dan sebelum pulang, beberapa anggota MTI mengajak anak-anak setempat keliling-keliling sambil di ajak bercerita kisah-kisah Nabi. Terlihat sekali anak-anak sangat suka dan gembira.

Di Pulau Nanga ini belum ada sekolah. Jadi anak-anak yang sekolah harus menyebrang lagi ke Pulau Mumbur sekitar lebih kurang 10 menit naik pompong.

Semoga kedatangan jamaah MTI ke Pulau Nanga membawa sedikit manfaat bagi penduduk setempat. Dan silaturahim ini akan tetap terjalin kedepanya.

(Maryam Nusaibah)

Pos terkait