Lebih Dari 10 Tahun Berunding Akhirnya Sepakat, Inilah Hasilnya

  • Whatsapp

Bekasi, KPonline – Setelah melalui perundingan yang sangat panjang menejemen dan PUK SPL FSPMI PT.Indonakano akhirnya mencapai kesepakatan terkait Perjanjian Kerja Bersama (PKB) periode 2021 – 2023. Kesepakatan di tanda tangani pada tanggal 10 April 2021 yang lalu bertempat di Gedung Wismatamara lt. 24 Sudirman, Jakarta.

Adapun tim perunding dari perusahaan PT.Indonakano adalah Presiden Direktur Mr. Y. Mitsudera, Joko Dwiatmoko dan Ruly Ashar. Sementara tim perunding PUK SPL FSPMI PT.Indonakano antara lain Sayugo Widodo (Ketua PUK), Bayu Widagdo (Sekretaris) dan Agus Riyanto (Bidang Advokasi).

Perundingan panjang hampir 10 tahun waktu yang dibutuhkan untuk bersepakat, apapun kondisinya memang sangat panjang proses yang mereka lakoni namun dengan waktu yang begitu panjang hasilnya cukup signifikan. media Perdjoeangan berhasil mengutip informasi dari salah satu tim perunding pada Rabu, 9/6/2021 dari isi kesepakatan perjanjian kerja bersama memang cukup baik misalnya terkait tunjangan-tunjangan, sebut saja Tunjungan khitan Anak mencapai Rp. 3,5 juta, tunjang pernikahan Rp.3,5 juta, uang makan Rp.13.500 (pagi) tampah Rp 25.000 (kalau sampai jam 20.00 wib) begitu juga uang transportasi sama dengan uang makan.

Menurut Sekretaris PUK SPL FSPMI PT.Indonakano, Bayu Widagdo yang jug salah satu dari tim perunding, hasil kesepakatan cukup signifikan dari isi PKB yang disepakati antara lain insentif kehadiran per hari Rp.35.000, ya memang perundingan yang kami lakukan sangat panjang namun ya kita nikmati saja. “Jalani prosesnya nikmati hasilnya,” kata dodo.

Bayu Widagdo menambahkan perjanjian kerja bersama antara Menejemen dan PUK SPL FSPMI PT.Indonakano ini didaftarkan di kementerian ketenagakerjaan Republik Indonesia karena berlaku secara nasional, dan untuk nilai kompensasi rasionalisasi 4,4 kali undang-undang yang pernah kita jalani di Indonakano beberapa tahun yang lalu belum bisa dimasukkan dalam pasal di PKB, namun menjadi gentle agreement diantara kami.

“Penantian panjang yang akhirnya membuahkan kesepakatan yang cukup bagus, semoga apa yang kita sepakati bermanfaat untuk semua anggota,” pungkasnya.

Di tempat yang terpisah ketua bidang PKB PC SPL FSPMI kab/kota Bekasi Muhammad Indrayana,SH mengaku sangat senang dengan terbentuknya kesepakatan perjanjian kerja bersama pUK SPL FSPMI PT.Indonakano.

“Saya sangat bersyukur mendengar Indonakano telah sepakat tentang PKB, saya harap kawan-kawan PUK SPL FSPMI Bekasi yang belum sepakat segera bisa bersepakat,” Harap Indrayana.

Penulis : Yanto
Foto : Bayu Widagdo