KSPI: Pemerintah Harus Segera Meredistribusi Tanah Yang Dikuasai Konglomerasi

  • Whatsapp

Batam,KPonline – Deputi Presiden KSPI, Muhammad Rusdi dalam seminar Hubungan Industrial yang di selenggarakan oleh KSPI bekerjasama dengan JILAF, Senin (30/10/17) mengatakan sebanyak 9 triliun uang yang beredar di masyarakat hanya dikuasai oleh segelintir orang saja.

“Delapan puluh lima persennya dari sembilan triliun ini hanya dikuasai oleh tiga puluh lima orang saja,” ungkap Rusdi.

Sementara sebanyak 74 persen tanah di Indonesia dikuasai oleh 0,2 persen penduduk. Termasuk penguasaan lahan 5 juta hektar oleh taipan yang pernah dinobatkan sebagai orang terkaya pertama di Indonesia.

Menurut Rusdi, jarak ketimpangan antara yang kaya dan yang miskin di Indonesia sudah sangat memprihatinkan.Hal inilah yang menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah untuk segera mengambil sebagian besar tanah yang dikuasai konglomerasi besar di Indonesia. Tanah itu, harus di redistribusikan atau dibagikan kepada kelompok masyarakat miskin.

Rusdi menambahkan distribusi tanah yang terjadi saat ini menunjukkan negara telah dimiliki sekelompok kecil penduduk. Sementara orang miskin tidak memiliki celah untuk keluar dari kemiskinannya karena mereka tidak mempunyai tanah.