Kita Patut Mencontoh Aksi Suporter Jepang Kumpulkan Sampah

Jakarta,KPonline – Hal menarik dari laga Jerman kontra Jepang yang perlu di contoh adalah perilaku suporternya yang dianggap tak biasa yaitu melakukan aksi pengumpulan sampah di seputar stadion Internasional Khalifa. Tidak hanya kali ini saja para suporter sepak bola Jepang juga melakukan hal yang sama pada helatan Piala Dunia di Rusia empat tahun lalu yaitu pada laga 16 besar saat kalah 3-2 dari belgia.

Aksi mulia suporter Jepang ini kembali terlihat di perhelatan Piala Dunia 2022 Qatar, tepatnya usai pertandingan antara tuan rumah Qatar melawan Ekuador. Suporter asal Negeri Sakura memutuskan untuk tinggal di stadion Al-Bayt Doha untuk memungut sampah yang berserakan. Aksi mereka sempat diabadikan oleh seorang content creator, Bahrain Omar Al-Farooq.

Bacaan Lainnya

“Mengapa kamu melakukan ini?” “Kami orang Jepang yang tidak pernah meninggalkan sampah, dan kami menghormati setiap tempat” tanya Al-Farooq pada suporter Jepang yang sedang memungut sampah di stadion. Al-Farooq kagum pada aksi tersebut dan mengunggah video itu di akun Instagram miliknya.

Lewat tradisi bersih-bersih inilah para penggemar sepakbola Jepang menunjukan bahwa tata krama dan kebiasaan baik sudah mendarah daging dalam keseharian mereka apapun situasinya. Dalam budaya masyarakat Jepang kebersihan memang sudah ditanamkan sejak usia dini baik di lingkungan keluarga terlebih lagi di lingkungan sekolah.

Pendidikan karakter yang konsisten ini terus berlanjut hingga ketika mereka dewasa. Anak-anak kecil di Jepang terbiasa dengan berbagai norma dan nilai sosial yang terus dijaga dan didukung dengan teladan yang baik dari orang-orang dewasa, sungguh hal sederhana yang patut di apresiasi.

Kita tentu patut mencontoh perilaku suporter Jepang dan di terapkan untuk Indonesia, di mana setiap aksi unjuk rasa maupun konser dan sejenisnya selalu penuh dengan sampah. Bahkan sebanyak 17.5 ton atau 13 meter kubik sampah dikumpulkan petugas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dari pada sebuah aksi April 2022, yaitu Monas dan depan gedung DPR.

 

Pos terkait