Jamkeswatch Sumatera Utara Selenggarakan Pendidikan Advokasi Kesehatan

  • Whatsapp

Sumatera Utara, KPonline – Bertempat di kantor DPW FSPMI Sumatera Utara yang beralamat di jalan Medan-Lubuk Pakam Km 13,1 Gang Dwi Warna Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, diselenggarakan Pelatihan Advokasi untuk Relawan Jamkeswacth.

Pelatihan yang bertema “Meningkatkan Kapasitas Kesehatan” di Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Utara ini, diikuti oleh para peserta yaitu relawan Jamkeswatch dari beberapa Kab/Kota yang ada di Sumatera Utara.

Bacaan Lainnya

Berbeda dengan pelatihan sebelumnya yang mengangkat tema Alokasi Anggaran Kesehatan, Pelatihan Advokasi hari ini lebih mengutamakan cara Advokasi yang lebih rapi dan teratur mengikuti prosedur tentang aturan-aturan program kesehatan.

Di pandu Trainer Supriadi Erte, ketua bidang pendidikan Jamkeswatch kabupaten Bekasi, Luthfi J.Kurniawan Ketua Dewan Pengurus Malang Corruption Watch, dan Putut Aryo Saputro, Didit Saleh dari ISI, pelatihan ini belangsung selama 2 hari Sabtu 23 – Minggu 24 September 2017.

Pelatihan yang berlangsung santai dan serius ini, mengundang para peserta untuk mempersentasekan kemampuannya (menjabarkan) cara mengadvokasi didepan para peserta lain setelah mendapat pengetahuan tentang cara Advokasi yang benar dan teratur dari maaing-masing trainer.

Relawan Jamkeswatck Kota Binjai Rasiman Saragih menyampaikan, “Kita para relawan haruslah benar-benar teratur mengenai data dan cara advokasinya.”

“Data yang lengkap secara tertulis, pengetahuan kita tentang aturan dan rana mana yang harus dituju untuk Advokasi tingkat pertama sampai ketingkat tertinggi (agar tidak salah jalan), Contohnya Intansi-intansi terkait pertama yang harus dituju pada permasalahan-permasalahan yang ada,” ucapnya.

Selain Rasiman, tidak sedikit juga para peserta yang memberi pengetahuannya masing-masing untuk dimasukan dalam tata cara advokasi yang benar dan teratur tersebut.

Dimulai pukul 08:00 wib dan selesai pukul 17:00 wib, Pelatihan Advokasi Kesehatan ini, dibuka dan ditutup langsung oleh Ketua DPW FSPMI Sumatera Utara, Willy Agus Utomo.

Sebelum menutup Pelatihan, Willy menyampaikan ribuan terimakasih kepada penyelenggara pelatihan, USAID.

“Kami harap agar Pelatihan-Pelatihan seperti ini tetap digelar se sering mungkin agar kawan-kawan relawan lebih banyak mendapat pengetahuan yang menjadi satu persepsi,” ucap Willy menutup Pelatihan.

Pos terkait