Hasil Survey KHL Kota Batam Bulan Agustus 2015

  • Whatsapp
FSPMI BATAM ( foto: www.isukepri.com )

Sekupang (06/08/2015),KPOnline – Tim Dewan Pengupahan Kota Batam hari ini telah menyelesaikan rapat pleno penghitungan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) bulan Agustus 2015.
Tim yang terdiri dari perwakilan Tripartit Buruh – Pengusaha – Pemerintah telah bersepakat menandatangani hasil survey bulan ini sebesar Rp 2,757,728,- (dua juta tujuh ratus lima puluh tujuh ribu tujuh ratus dua puluh delapan rupiah).

Dalam keterangan yang diberikan oleh satu anggota DPK unsur buruh keterwakilan FSPMI, “survey dilakukan pada 3 lokasi pasar Batam … ”

Bacaan Lainnya

“Pasar Angkasa- Bengkong , Pasar Botania- Batam centre dan Pasar Aviari-Batu aji..” ucap Bung Deddy yang juga menjabat Ketua PUK SPEE FSPMI Vartabatt Micro.

Dalam keterangan lanjut Bung Deddy juga mengungkapkan bahwa hasil survey di ketiga pasar cukup variatif, “Alhamdulillah terjadi kenaikan ± 600 ribu rupiah dibanding dgn survey KHL batam 2014”.

Selanjutnya Bung Deddy menjelaskan juga kenaikan tersebut dipengaruhi oleh peningkatan kualitas dari beberapa item yg berhasil disepakati oleh ketiga unsur buruh, pengusaha dan pemerintah yang telah dilakukan pada rapat penentuan kualitas surve pada bulan Mei hingga Juli 2015 sebanyak 6 kali rapat.

Lebih lanjut dalam surat elektronik yang dikirimkan kepada Perangkat Konsulat Cabang FSPMI Kota Batam, tim DPK memberikan penjelasan sebagai berikut:

1. Karbohidrat setara tepung terigu
Pada item ini kami coba memasukkan nilai mie instan dikonversi dari perbungkus menjadi satuan KG. ( dalam 1 Kg berjumlah 12,5 bungkus)

2. Transportasi
Pada item ini kami memasukkan jalur baru dari 2 jalur ( panjang & pendek) menjadi 3 jalur ( panjang, pendek dan Panjang+ pendek)

3. Rekreasi
Pada item ini tidak terlalu terjadi perubahan, hanya merubah tujuan rekreasi dari Studio 21 & Bukit mata kucing menjadi Studio 21 & Mega wisata Coastarina.

4. Sewa Kamar
Pada item ini terjadi perubahan yg cukup besar yaitu dari
1. Rusunawa
2. Sewa kamar Ruko
3. Sewa kamar Uk. 3 X 2,5 M

Menjadi

1. Sewa kamar Uk. 3 X 3 M
2. Sewa kamar Uk. 3 X 4 M

Selain dari beberapa item diatas juga kenaikan KHL dipengaruhi dg kenaikan tarif angkutan umum , tarif listrik, dan tarif Air bersih ( ATB) serta ada beberapa item elektronik, sandang dan juga furniture yg telah terjadi peningkatan kualitas dan ditentukan jenis dan brand nya.

Demikian laporan hasil dari Survey dan rapat pleno KHL bulan Agustus 2015 dari DPK Batam, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih

Hormat kami,

Deddy Iskandar – Sopian Hadi – Omreg Sun Regar
DPK Batam 2015

Pos terkait