Garda Metal, Garda Rakyat Bermalam di KPU, Kawal Verifikasi Perbaikan Dokumen Partai Buruh

Jakarta, KPonline – Pelaksanaan verifikasi partai politik merupakan salah satu tahapan pelaksanaan pemilu yang menjadi pintu awal persyaratan partai politik untuk bisa berpartisipasi dalam pemilu.

Oleh karena itu verifikasi menjadi salah satu hal yang sering kali mengganjal partai politik. Bahkan, bila dilihat ke belakang, partai politik peserta pemilu tahun 2014 dan 2019 pada hakikatnya tidak semua lolos menjadi peserta pemilu.

Bacaan Lainnya

Keikutsertaan partai politik menjadi peserta pemilu sangat ditentukan oleh proses verifikasi di KPU.

Dalam Pasal 173 UU Pemilu mengatur bahwa partai politik peserta pemilu merupakan partai politik yang telah ditetapkan/lulus verifikasi oleh KPU. Sederhananya, verifikasi partai politik dapat dibagi menjadi dua, yakni verifikasi administratif dan verifikasi faktual.

Verifikasi administratif berkaitan dengan proses penelitian kelengkapan dan kesesuaian dokumen pendaftaran partai politik. Sementara, verifikasi faktual merupakan proses penelitian untuk menentukan kesesuaian persyaratan secara faktual.

Kemudian, setelah Partai Buruh resmi dan sah menjadi partai yang terdaftar di Kemenkumham dengan telah keluarnya SK Menkumham Nomor N.HH.05.AH.11.02 Tahun 2022, Partai Buruh pun lanjut mendaftarkan diri sebagai calon peserta pemilihan umum (Pemilu) 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Kini, Rabu (28/9) proses verifikasi perbaikan dokumen dilakukan di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

Selanjutnya, demi lolosnya Partai Buruh dalam proses tersebut, pengawasan/ pengawalan sampai larut malam dilakukan Garda Metal, Garda Rakyat, Laskar SPN beserta kader Partai Buruh.

Sejumlah petinggi Partai Buruh pun terlihat. Diantaranya, Ketua Mahkamah Partai Buruh Riden Hatam Aziz, Sekretaris Jenderal Ferri Nuzarli hingga Ketua Timsus Pemenangan Partai Buruh, Said Salahudin.

Selain itu, Ketua Exco Partai Buruh DKI Jakarta, Winarso beserta jajarannya selaku tuan rumah, karena KPU RI ada di Jakarta, ikut bermalam bersama Organisasi Sayap Partai Buruh.

Bahkan, Supriyadi Piyong Koordinator Garda Metal Nasional FSPMI, Edi Kontjoro (Wakil Presiden dengan bidang tugas aksi FSPMI) dan Mubarok (Wakil Sekretaris dengan bidang tugas aksi FSPMI) juga ikut hadir dalam agenda tersebut.

Pos terkait