DPW FSPMI Jatim Tugaskan Doni Ariyanto Dampingi KC FSPMI Tuban Geruduk Pemkab

  • Whatsapp

Tuban, KPonline – Di tengah kerumunan ratusan massa aksi yang hadir dalam agenda unjuk rasa yang dilakukan oleh pekerja/buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Tuban.

Sepintas terlihat jelas, salah satu sosok aktivis yang sudah tak asing lagi dalam dunia pergerakan terutama di bidang ketenagakerjaan dan di Surabaya khususnya.

Yaps, siapa lagi kalau bukan Doni Ariyanto. Ketua Konsulat Cabang FSPMI Kota Surabaya ini turut serta dalam gelombang perlawanan aksi yang di gelar oleh Konsulat Cabang FSPMI Tuban kemarin (Rabu, 31/10/2018) di depan kantor Pemkab Tuban.

Kehadiran Doni di Tuban saat itu tidak lain dan tidak bukan adalah atas intruksi jajaran perangkat wilayah DPW FSPMI Jawa Timur, yang dimana selain menjabat sebagai Ketua KC FSPMI Surabaya.

Pria asal Ngawi ini juga merupakan Wakil Ketua Bidang Aksi DPW FSPMI Jawa Timur.

“Bisa turun dalam kegiatan aksi untuk memberikan motivasi dan semangat kepada pekerja/buruh di Tuban merupakan sebuah kehormatan bagi saya secara pribadi. Karena wawasan dan pengetahuan yang saya miliki saat ini paling tidak bisa bermanfaat bagi kawan-kawan seperjuangan kita di Tuban,” ujar Doni Ariyanto.

Seperti diketahui kegiatan yang diikuti oleh Doni (sapaan akrab beliau) bersama pekerja/buruh di bawah naungan KC FSPMI Tuban, adalah terkait aksi penolakan putusan upah yang dilakukan oleh pemerintah melalui menteri ketenagakerjaannya, karena telah menetapkan kenaikan upah berdasarkan rumusan PP 78 tahun 2015.

Dimana penetapan upah yang dilakukan secara sepihak tersebut dinilai tidak relevan oleh buruh/pekerja yang ada di Tuban, karena kenaikan upah yang hanya 8,03% dianggap tidak sebanding dengan kenaikan beberapa harga kebutuhan pokok yang mencapai 300% seperti misal tarif dasar listrik (TDL). (Bobby – Surabaya)