Dari Bekasi, PUK Musashi Selenggarakan Rakernik di Jogja

  • Whatsapp

Bekasi, KPonline – Bertempat di Hotal Grand  Zuric, Yogyakarta, PUK SPAMK FSPMI PT Musashi Auto Parts Indonesia menyelenggarakan Rapat Kerja Unit Kerja (Rakernik) tahun 2016. Dalam acara yang berlangsung pada tanggal 10 hingga 12 Desember 2016 ini, diikuti sekitar 160 orang peserta yang terdiri dari pengurus PUK, Perwakilan Anggota (Pleno), Garda Metal, dan  perwakilan manajemen PT Musashi.

Rakernik yang juga di hadiri oleh perwakilan PP dan PC SPAMK FSPMI ini mengambil tema ‘’satu gerak satu tujuan’’.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, perwakilan PP SPAMK FSPMI, Suparno GP, menyatakan bahwa serikat pekerja dan perusahaan harus bersinergi bersama sama dalam hal memajukan kesejahteraan pekerja. Saat perusahaan maju maka kesejahteraan pekerja juga harus maju, karena pekerja adalah patner pengusaha dalam mengembangkan perusahaan.

Dalam pembukaan Rakernik peserta mendapatkan motivasi berorganisasi dari salah seorang motivator, Maryati. Maryati menjelaskan bagaimana sikap mental seorang pekerja yang baik. Bagaimana dan apa saja yang harus di lakukan untuk menjadi seorang pekerja yang sukses.

Pada malam pertama setelah selesai sambutan panitia, pengurus PUK dan perwakilan manajamen, acara di lanjutkan dengan laporan masing-masing bidang pengurus unit kerja selama 2 tahun terakhir. Masing-masing pengurus melaporkan program kerja PUK mana yang sudah di capai dan belum di capai. Kemudian rapat di lanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi antar  pengurus puk dan peserta.

Rapat malam itu berakhir hingga pukul 23.00 WIB. Pada malam kedua yaitu di sela-sela acara ramah tamah, Ketua PUK Slamet Fitriono mengajak anggota untuk flasback dan belajar kembali tentang bagaimana peraturan ketenagakerjaan sebelum dan sesudah Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum PP SPAMK FSPMI tersebut juga menjelaskan bagaimana aturan cuti bagi pekerja perempuan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua PC SPAMK FSPMI Kab/kota Bekasi, Furqon, sempat memberikan sambutan singkat. Dalam pernyataannya beliau mengajak kepada semua anggota PUK Musashi untuk mensuksekan Obon Tabroni menjadi bupati bekasi 2017. Furqon menekankan kepada semua anggota PUK yang hadir maupun yang tidak hadir di acara rakernik untuk aktif bersosialisasi kepada masyarakat agar ikut memilih Obon Tabroni menjadi Bupati Bekasi pada Pilkada Bekasi yang akan berlangsung tanggal 15 Februari 2017 mendatang.

Minggu pagi, peserta Rakernik di ajak panitia berkeliling lereng gunung merapi untuk mengenang peristiwa tragedi kemanusiaan yaitu meletusnya gunung merapi 6 tahun silam. Peserta di ajak untuk melihat jejak-jejak dasyatnya letusan merapi pada tahun 2010 lalu yang juga menewaskan juru junci gunung merapi Mbah Maridjan.

Setelah mengikuti tour lava merapi ini di harapkan anggota untuk lebih peka terhadap masalah masalah sosial kemanusiaan, sehingga akan timbul rasa lebih menyayangi antar sesama. Masalah sosial adalah masalah yang menjadi tanggung jawab semua manusia termasuk anggota serikat pekerja sekalipun. (*)

Penulis: Edi Purnomo

Pos terkait