Kesehatan

Bantu Sifa Yuk’ Penderita Labio Gnato Palato Schizis Dari Purbalingga

Jakarta, KPonline – Labio Gnato Palato Schizis adalah suatu kelainan bawaan dimana terbentuk celah pada bibir, gusi, langit-langit (palatum) yang bermanifestasi sendiri-sendiri atau bersamaan (sumbing bibir dan langit-langit. Celah bibir (bibir sumbing) adalah suatu ketidaksempurnaan pada penyambungan bibir bagian atas yang biasanya berlokasi tepat di bawah hidung. Celah langit-langit adalah suatu saluran abnormal yang melewati langit-langit mulut dan menuju ke saluran udara di hidung.

Teori dari His and Drusy yang menyatakan celah bibir dan langit-langit akibat kegagalan pertemuan ujung-ujung (prominentia) di sekitar mulut saat trimester awal kehamilan.

Sedangkan teori dari Stark yang menyatakan bahwa sebenarnya pertemuan ujung-ujung tersebut terjadi namun disusul dengan kegagalan karena salah satu lapisan pembentuknya yang disebut mesoderm gagal menyatu.

Kelainan sejak lahir ini sekarang dialami salah seorang anak Indonesia bernama Sifa Nurrahmah usia 3,5 tahun yang terlahir pada 25 Maret 2016 di Desa Kedungjati, RT. 03/01 kecamatan Bukateja, kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Dalam perjalanannya, Sifa sudah menjalani beberapa kali proses operasi di RS. Hasan Sadikin Bandung. Menurut pihak keluarga, tindakan medis yang diambil saat ini adalah rekonstruksi wajah secara bertahap serta akan dilanjutkan dengan rekonstruksi mata.

Pada awalnya, proses operasi Sifa hanya dibantu donasi oleh warga sekitar dan pemuda kampung yang tinggal di perantauan.

Berjalannya waktu ada beberapa pihak yang mulai bersimpati atas kondisi Sifa saat itu. Ada Indonesian Cleft Center atau Yayasan Pembina Penderita Celah Bibir Langit Langit yang mengulurkan bantuan untuk proses operasi. Bahkan selama proses di RS. Hasan Sadikin Bandung, Sifa diperkenankan tinggal di rumah singgah milik YAYASAN YPPCBL BANDUNG tersebut yang terletak di jalan Taman Plesiran.

Sifa dan ibunya yang selalu mendampingi proses pengobatan membutuhkan uluran tangan kita untuk menopang kebutuhan selama proses operasi di Bandung, serta bantuan akomodasi perjalanan dari Purbalingga ke Bandung maupun sebaliknya.

Saat ini, sejumlah relawan buruh dari PUK FSCM dan Jamkeswatch DKI Jakarta sedang melakukan konsolidasi untuk melakukan penggalangan dana di lokasi Car Free Day (CFD) seperti minggu lalu saat melakukan penggalangan dana untuk pasien anak asal Bengkulu.

Bagi para pembaca www.koranperdjoeangan.com yang bersedia menjadi donatur untuk meringankan beban anak Sifa dan keluarganya bisa melakukan transfer donasi ke nomor rekening 0718468678 bank BNI atas nama Desti Rahayu (ibu kandung Sifa Nurrahmah).

(Jim).