Akankah Meksiko Mampu Meredam Gempuran Brasil?

  • Whatsapp

Samara,KPonline – Brasil ditantang Mesiko di babak 16 besar Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Cosmos Arena, Senin 2 Juli 2018 malam WIB. Setelah ditelisik lebih dalam, ternyata ini bukanlah yang pertama Brasil dan Meksiko bertemu di ajang Piala Dunia.

Sejarah mencatat sebelum edisi kali ini, Canarinha –julukan Brasil– dan Meksiko sudah bertemu empat kali. Hasilnya, Brasil lebih dominan dengan koleksi tiga menang dan satu imbang. Pertemuan pertama Brasil dan Meksiko tersaji di Piala Dunia 1950.

Bacaan Lainnya

Saat itu di matchday pertama Grup 1 Piala Dunia 1950, Brasil menang 4-0. Kemudian, kedua negara kembali bertemu empat tahun kemudian. Lagi-lagi bertemu di matchday pertama Grup 1, Brasil kali ini menang 5-0.

Setelah absen bertemu di satu edisi Piala Dunia (1958), Brasil kembali bersua Meksiko pada gelaran 1962. Bersua di matchday pertama Grup 3, Brasil menang 2-0 lewat gol dari Mario Zagallo dan Pele.

Kemudian, pertemuan terakhir Brasil dan Meksiko terjadi di matchday kedua Grup A Piala Dunia 2014. Saat itu secara luar biasa, El Tri –julukan Meksiko– yang bermain di markas Brasil yakni Estadio Castelao, sanggup menahan tim tuan rumah dengan skor 0-0.

Brasil lolos ke babak 16 besar sebagai juara Grup E setelah memenangi persaingan melawan Swiss. Sedangkan Meksiko berstatus runner-up Grup F dan lolos secara dramatis yang melibatkan kekalahan Jerman dari Korea Selatan.

Meksiko yang meraih kemenangan di dua laga awal ternyata masih menyimpan persoalan yang membuat mereka kalah telak dari Swedia. Menghadapi Brasil yang memiliki talenta-talenta papan atas di lini depan, El Tri bisa kewalahan dan bisa meneruskan rekor terhenti di babak 16 besar dalam enam Piala Dunia beruntun sejak 1994, meski ecepatan Meksiko bisa merepotkan Brasil, tapi Selecao memiliki kemampuan mencetak gol yang sulit dihentikan Meksiko.

Meksiko hampir dipastikan memakai strategi yang sama saat mereka menghadapi Jerman ketika berjumpa Brasil di babak 16 besar Piala Dunia 2018. Beruntung bagi Brasil, Tim samba sudah berpengalaman menghadapi gaya main seperti itu ketika berjumpa Kosta Rika.

Timnas Brasil memiliki skuat yang jauh berkualitas dibanding Meksiko. Brasil juga memiliki rapor bagus di babak 16 besar. Sejak menjuarai Piala Dunia 1994, Neymar dan kawan-kawan selalu bisa melewati babak 16 besar.

Pos terkait