Ada Apa dengan Ratna Sarumpaet?

  • Whatsapp
Ratna Sarumpaet ketika menandatangani penolakan reklamasi di atas kain putih. KORAN PERDJOEANGAN/Kahar S. Cahyono

Jakarta, KPonline – Beredar sebuah foto perempuan yang wajahnya penuh dengan luka lebam. Foto tersebut dikabarkan adalah aktivis hak asasi manusia (HAM) Ratna Sarumpaet.

Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak membenarkan perempuan dengan penuh luka lebam itu tak lain adalah Ratna Sarumpaet. Selain aktivis, Ratna juga juru kampanye Prabowo – Sandi.

Kabarnya, Ratna dikeroyok sejumlah orang. Pengroyokan itu terjadi pada 21 September 2018 di Bandung, Jawa Barat. Saat itu Ratna Sarumpaet berada di Bandara di Bandung. Kemudian dia dimasukkan ke dalam mobil dan dikeroyok.

Ratna Sarumpaet sangat ketakutan dan mengalami trauma hebat. Sehinga ia tidak berani melaporkan kejadian itu ke siapapun.

Baru-baru ini, Kepala Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengunggah foto Wakil Ketua DPR Fadli Zon bersama aktivis Ratna Sarumpaet.

Dalam foto tersebut, wajah Ratna tampak lebam sedang berdiri di sebelah Fadli Zon. Namun, sampai saat ini belum diketahui penyebab yang membuat Ratna mengalami penganiayaan.

“Alhamdulillah, saat ini update terbaru fadlizon sudah bertemu Ratna Sarumpaet. Semoga lebih baik dan cepat pulih,” ujar Ferdinan dalam akun Twitter, Selasa (2/10/2018).

Jika benar ini terjadi, tentu kita menyesalkan kekerasan yang dilakukan terhadap Ratna Sarumpaet. Juga kekerasan terhadap siapa pun.

“Kaum buruh mengecam keras setiap bentuk kekerasan,” ujar Ketua Departemen Komunikasi dan Media KSPI, Kahar S. Cahyono.