Season 2, Pendidikan Dasar PUK SPL FSPMI PT. Lelco Trindo Nusantara. “Jangan pernah takut bernegosiasi dan jangan bernegosiasi karena takut”

Tangerang, KPonline – Ketua dan Sekretaris Bidang Advokasi Pimpinan Cabang SPL FSPMI Tangerang Sopiyudin Sidik, S.H. dan Harmeiyanto, S.H. menjadi Pemateri dalam Pendidikan Dasar season 2 Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Logam Federasi Serikat Metal Indonesia PT. Lelco Trindo Nusantara (PUK SPL FSPMI PT. Lelco Trindo Nusantara) di Perguruan Mathla’ul Anwar MTs-SMK, Jl. Gatot Subroto KM.5,5 Kp.Ledug Jatiuwung, Kota Tangerang. Minggu (10/03/19)

Dalam pemaparannya mereka menyampaikan, tentang Permasalahan yang timbul dalam hubungan kerja terkait dengan hak, kewajiban dan kepentingan pekerja.

Keluh kesah yang terjadi karena kegagalan komunikasi dapat diselesaikan melalui jalur negoisasi.

Definisi Negoisasi sendiri, suatu proses dimana dua pihak atau lebih yang mempunyai kepentingan yang sama atau bertentangan bertemu dan berbicara dengan maksud untuk mencapai suatu kesepakatan.

Selanjutnya mereka menjelaskan bagaimana Mekanisme Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial yang tertuang dalam UU No. 2 Tahun 2004.

Pengertian hubungan industrial adalah perbedaan pendapat yang mengakibatkan pertentangan antara pengusaha atau gabungan pengusaha dengan pekerja/buruh atau serikat pekerja/buruh karena adanya perselisihan mengenai hak, kepentingan, pemutusan hubungan kerja (PHK) dan perselisihan antar serikat pekerja/buruh dalam satu perusahaan.

Mereka pun membahas tata cara advokasi, pengertian tentang PKB dan sedikit mengulas kasus-kasus yang ada.

Ketua Bidang Advokasi PC SPL Tangerang Sopiyudin Sidik, S.H berharap peserta memahami proses mekanisme perselisihan hubungan industrial sekurang-kurangnya di tingkat Bipartite.

Diakhir acara pendidikan dasar season 1 dan 2 yang diadakan dalam 1 hari, Ketua PUK SPL FSPMI PT. Lelco Trindo Nusantara Yudi Sutisna berharap, Semoga dengan adanya pendidikan ini, anggota akan lebih memahami tentang organisasi dan melahirkan kader-kader yang kompeten untuk perkembangan dan kemajuan organisasi khususnya di PUK SPL FSPMI PT. Lelco Trindo Nusantara.

“Jangan pernah takut bernegosiasi dan jangan bernegosiasi karena takut”. (John F. Kennedy)

Penulis : Chuky

Facebook Comments