Sekali Mendayung, Dua Pulau Terlewati

Tangerang, KPonline –Bertepatan dengan kedatangan para pekerja yang shift 2 (dua) PUK SPAMK FSPMI PEMI WH-PEMI AW mengadakan sosialisasi ke anggota di area pabrik. Acara ini diselenggarakan pada hari Selasa (12/12/2017), sekitar pukul 15.00 WIB.

Sosialisasi disampaikan langsung oleh Ketua PUK SPAMK FSPMI PT PEMI WH-PEMI AW, Jarim.

Dalam kesempatan ini, Jarim menyampaikan beberapa hal terkait dengan Upah Sektoral Kabupaten Tangerang Tahun 2018.  Dimana pada hari Kamis (14/12/2017) di kantor Disnaker Kabupaten Tangerang tanggal 14/12/2017 akan diselenggarakan rapat pleno UMSK tahun 2018 yang akan di hadiri oleh anggota Dewan Pengupahan Kabupaten Tangerang dari unsur serikat pekerja, pemerintah, Apindo, akademisi, serta perwakilan asosiasi sektor.

“Kita sebagai pekerja yang berproduksi di industri Wiring Harnes (kabel bodi mobil, red) untuk upah sektoral tahun ini harus kembali berada di kelompok 1 (satu) yaitu 15% lebih tinggi di atas UMK. Dimana tahun 2016 kita ada penurunan upah sektoral dari sektor 1 (satu) 15% menjadi kelompok sektor 1b (satu B) yaitu hanya 11%,” kata Jatim.

Perusahaan PEMI WH PEMI AW sendiri ketika upah sektoral kali pertama di berlakukan masuk dalam kelompok 1 (satu) 15%, namun pada tahun 2016 mengalami penurunan kelompok sektor yaitu masuk dalam kelompok 1b (satu B), lebih tinggi 11% dari UMK.

Sebagai bentuk penolakan PUK dan anggota bahwa PEMI WH PEMI AW berada di sektor 1b (satu B), Jarim menginstruksikan ke semua perwakilan anggota agar semua bisa terlibat untuk mengawal rapat pleno UMSK tahun 2018 pada hari kamis tanggal 14/12/2017 di kantor Disnaker Kabupaten Tangerang.

Sekitar pukul 16.30 sosialisasi ke semua anggota dan perwakilan buruh selesai dan para karyawan pun membubarkan diri secara tertib ada yang langsung pulang untuk shift 1 (satu) dan untuk yang shift 2 (dua) langsung memasuki area produksi untuk melakukan rutinitas pekerjaan seperti biasanya.

Salah satu jajaran pengurus PUK, Sumarjo mengatakan “ini adalah seperti pribahasa sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Intinya selain mensosialisasikan terkait upah sektoral tahun 2018 yang tahun ini harus bisa ada kenaikan kami pun sekaligus ingin memperkenalkan diri ketua PUK dan jajarannya ke semua anggota”.

Kontributor : OVLOST.

Facebook Comments