Walang Goreng, Satu Menu Spesial Khas Gunungkidul

  • Whatsapp

Bekasi, KPonline – Berbagi pengalaman pribadi saat berkunjung ke Gunungkidul sekitar Desember 2019 yang lalu. Ketika berkunjung ke suatu daerah pastinya belum lengkap jika tidak mencicipi makanan khasnya.

Bagi anda yang berencana mengunjungi Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, anda wajib mencoba menu satu ini.

Walang goreng (belalang goreng), merupakan salah satu menu unik dan cukup extrim yang bisa dengan mudah anda jumpai di Gunungkidul. Bentuk belalang goreng memang terlihat ‘menjijikan’, namun saat anda mencicipinya, anda mungkin akan ketagihan.

Rasanya renyah, gurih, dan dipercaya berprotein tinggi. Selain bisa dikonsumsi sebagai camilan, belalang goreng juga biasa disantap dan dijadikan lauk makan oleh masyarakat di Gunung Kidul dan sekitarnya.

Bumbu yang digunakan untuk mengolah belalang pun cukup sederhana, yaitu ketumbar, garam dan bawang putih, dan tambahan beberapa cabai untuk mendapatkan cita rasa pedas. Penjual belalang goreng biasa dijumpai di tepian sepanjang ruas jalan Wonosari – Gunungkidul.

Para penjual akan mengemas belalang goreng dalam satu toples kecil yang dijual dengan harga sekitar Rp. 30 ribu – Rp. 50 ribu per toplesnya. Soal rasa, belalang goreng ini ternyata memiliki rasa yang serupa dengan udang goreng.

Namun, belalang yang diolah bukan sembarang belalang, karena ini adalah jenis belalang kayu yang biasa dijumpai di pohon atau dalam kayu jati di Gunungkidul. Makanan ini juga diolah tanpa menggunakan bahan pengawet dan terjaga kehigienisannya, karena belalang goreng diolah dengan sangat hati hati.

Duri-duri yang menempel pada kaki belalang pun sudah disingkirkan sehingga anda tidak akan merasa terganggu ketika menyantapnya. Jeroan serta kotoran belalang pastinya juga sudah dibersihkan agar tidak menimbulkan rasa pahit saat dimakan.

Walaupun rasanya yang gurih dan renyah dan mampu membuat banyak orang ketagihan, tetapi sebaiknya berhati-hati bagi anda yang memiliki alergi terhadap makanan berprotein tinggi.

Mencicipi belalang goreng dapat menyebabkan gatal-gatal dikarenakan tingginya kandungan protein yang dimiliki belalang. Menu olahan makanan ini juga sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara ataupun orang tercinta jika anda berlibur ke Gunungkidul. (Yanto)