Wabup Palas Tinjau PAUD Nurul Ikhwan Gratis Bagi Keluarga Kurang Mampu

  • Whatsapp

Padang Lawas,KPonline – Bertujuan membantu anak-anak para pekerja di lingkungan perkebunan kelapa sawit perseorangan dan anak-anak dari keluarga kurang mampu, Wakil Bupati Padang Lawas (Wabup Palas), drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, C. Ht berinisiatif membuka lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Nurul Ikhwan berlokasi di Desa Mondang Kecamatan Sosa Kabupaten Palas, secara gratis.

Didampingi Camat Sosa, Asrin Kholid Daulay dan Kepala Desa Mondang, Muhammad Payungan Hasibuan, serta sejumlah Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Palas, Selasa (21/07/2020), Wabup Palas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu berkenan meninjau lokasi PAUD Nurul Ikhwan di Desa Mondang.

“Kami bertekad mewujudkan visi misi Kabupaten Padang Lawas yang Beriman, Cerdas, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya yang disingkat dengan visi misi BERCAHAYA. Makanya, kami terdorong untuk mewujudkan satu lembaga PAUD yang graris bagi keluarga kurang mampu di sekitar Desa Mondang ini,” ungkap Zarnawi.

“Untuk tahap awal ini, tahun pendidikan 2020/2021, kami membatasi jumlah anak didik PAUD Nurul Ikhwan hanya sebanyak 50 orang anak dari keluarga kurang mampu, karena memang fasilitas pembelajarannya masih mampu menampung 50 orang anak didik dari jumlah anak yang mendaftar mencapai sebanyak 120 orang anak,” lanjut Wabup Palas.

Disebutkan Wabup Palas, keberadaan PAUD Nurul Ikhwan ini semata-mata ingin menjawab kebutuhan akan lembaga PAUD yang masih minim si daerah ini, apalagi suasana PAUD yang seluruh fasilitasnya diberikan secara gratis dan diperuntukkan bagi keluarga kurang mampu.

Lokasi PAUD Nurul Ikhwan ini sendiri, sambungnya, seluas sekitar 0,8 hektare yang dihibahkan secara pribadi dengan sumber pengelolaan operasional kegiatan belajar mengajar dan gaji guru PAUD yang sebanyak 5 orang guru itu, bersumber dari hasil panen kebun kelapa sawit seluas tujuh hektare.

Direncanakan, pada tahun pendidikan 2021/2022, PAUD Nurul Ikhwan akan ditingkatkan menjadi bentuk yayasan dan akan membuka kelas pembelajaran setingkat sekolah dasar atau SD, yang nantinya dinamai SD Islam Terpadu (IT).

Sementara itu, didampingi Kepala Desa Mondang, Muhammad Payungan Hasibuan, Camat Sosa, Asrin Kholid Daulay sangat mengapresiasi niat dari Wabup Palas yang sudah menghibahkan tanah perkebunan sawitnya untuk lembaga PAUD Nurul Ikhwan ini.

“Atas nama masyarakat di Kecamatan Sosa umumnya dan warga masyarakat di Desa Mondang khususnya, kami sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan setinggi atas dibukanya operasional PAUD Nurul Ikhwan pada tahun pendidikan 2020/2021 di Desa Mondang ini,” ucapnya.

Apresiasi yang diberikan tersebut tentunya tidak berlebihan, tukas Asrin, mengingat pihak pengelola PAUD Nurul Ikhwan menyelenggarakan proses pendidikan bagi warga kurang mampu secara gratis. (Maulana Syafii)