Untuk Ika Liviana Gumay, FSPMI Purwakarta lakukan Tahlilan 7 Hari dan Doa Bersama Anggota

Purwakarta, KPonline – Tujuh (7) hari sudah, Ika Liviana Gumay wafat. Oleh sebab itu, Rabu (24/7) Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kabupaten Purwakarta gelar acara tahlilan dan doa bersama untuk almarhumah (Alm) di Mushola Kantor Konsulat Cabang FSPMI Purwakarta.

 

Bacaan Lainnya

Agenda tersebut dihadiri oleh Pimpinan Unit Kerja (PUK) yang berafiliasi dengan FSPMI Purwakarta, diantaranya PUK SPAI-FSPMI PT. Sepatu Bata, PUK SPAMK-FSPMI PT. Hino Motor Manufacturing Indonesia, PUK SPAMK-FSPMI PT. Sumi Indo Wyring System, PUK SPAMK-FSPMI PT. Mapi, PUK SPAMK-FSPMI PT. Ts Tech, PUK SPL-FSPMI PT. Lion, PUK SPL- FSPMI PT. Jatim Bromo Steel, PUK SPAMK-FSPMI PT. Adient dan beberapa PUK lainnya yang berada di Kabupaten Purwakarta.

 

Pelaksanaan tahlilan atau dzikir bersama untuk mendo’akan saudara muslim yang telah mendahului kita pada malam ke-7 merupakan suatu sunnah yang baik, begitu juga dengan hari-hari berikutnya, yang biasa dilakukan oleh masyarakat muslim yaitu pada hari ke-7, 40, 100, dan haul.

Salah satu keterangan yang digunakan diantaranya. Didalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad didalam az-Zuhd dan al-Hafidz Abu Nu’aim didalam al-Hilyah tentang anjuran memberi makan setelah kematian :

قال الإمام أحمد بن حنبل رضي الله عنه في كتاب الزهد له حدثنا هاشم بن القاسم قال ثنا الاشجعي عن سفيان قال قال طاووس إن الموتى يفتنون في قبورهم سبعا فكانوا يستحبون أن يطعموا عنهم تلك الأيام.

قال الحافظ أبو نعيم في الحلية حدثنا أبو بكر بن مالك ثنا عبد الله بن أحمد ابن حنبل ثنا أبي ثنا هاشم بن القاسم ثنا الأشجعي عن سفيان قال قال طاووس إن الموتى يفتنون في قبورهم سبعا فكانوا يستحبون أن يطعم عنهم تلك الأيام.

“Imam Ahmad bin Hanbal radliyallahu ‘anh berkata : “Menceritakan kepada kami Hisyam bin al-Qasim, ia berkata, menceritakan kepada kami al-Asyja’iy dari Sufyan, ia berkata : Thawus berkata, “sesungguhnya orang mati terfitnah (ditanya malaikat) didalam kubur mereka selama 7 hari, maka mereka mengajurkan supaya memberikan makanan (yang pahala) untuk mereka pada hari-hari tersebut”.

Al-Hafidz Abu Nu’aim berkata : “Menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Malik, menceritakan kepada kami Abdulllah bin Ahmad Ibnu Hanbal, menceritakan kepada kami Hisyam bin al-Qasim, menceritakan kepada kami al-Asyja’iy dari Sufyan, ia berkata, Thawus berkata : sesungguhnya orang mati terfitnah didalam kubur mereka selama 7 hari, maka mereka menganjurkan agar bersedekah makanan yang pahalanya untuk mereka pada hari-hari tersebut”

Selain di Purwakarta, agenda tahlilan 7 hari almarhumah istri Said Iqbal juga dilakukan oleh anggota FSPMI di berbagai daerah. Diantaranya, Karawang dan Bandung Jawa-Barat. Bahkan agenda 7 hari tahlilan yang juga dilakukan di kediaman Said Iqbal sendiri, Anis Baswedan (Gub. DKI Jakarta) terlihat hadir dalam kesempatan tersebut.
“Semoga segala perbuatan serta amal baik yang telah dilakukan almarhumah (almh) Ika Liviana Gumay diterima oleh Alloh SWT. Dijauhkan dari Siksa Kubur, menuju pintu surga yang kekal abadi selamanya.” ucap Evin Fahrezy (Div. Infokom PUK SPAI FSPMI PT. Sepatu Bata)

Pos terkait