Tuturkan Dampak Sampah, JAKA Ajak Penghuni Bumi Lebih Peduli

Deliserdang, KPonline – Semakin parahnya kondisi bumi terhadap buruknya penanganan sampah, Jaringan Pemerhati Lingkunga dan Kegiatan Alam (JAKA) mengajak Masyarakat dan Pemerintah mengenali dampak sampah bagi terhadap bumi yang merupakan tempat tinggal segala mahluk hidup.

Bukan hanya berdampak pada banjir dan kerusakan bumi, sampah juga dapat mempengaruhi kesehatan manusia.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan ini JAKA yang di wakili oleh Zamroni Hidayat selaku Ketua umum menuturkan pemahaman proses hancurnya jenis jenis sampah.

“kulit jeruk akan hancur setelah 6 bulan, Filter rokok akan hancur setelah 10 sampai 12 tahun, sepatu kulot 25 sampai dengan 40 tahun, Pelastik 50 sampai dengan 80 tahun, kaleng timah 80 sampai 100 tahun” jelas Rony

Roni juga mengatakan bahwa dari hal yang di tuturkan itu saja seharusnya kita sudah paham akan dampaknya terhadap kesuburan tanah, sumbatan mengalirnya air, tekstur kepadatan tanah yang dapat menyebabkan banjir, longsor dan ditambah lagi menyebabkan kesehatan yang tidak baik bagi penghuni bumi karena kondisi lingkungan kita yang tidak asri lagi karena dipengaruhi oleh sampah-sampah tersebut.

“bayangkan saja, sumber makan minum kita berdasarkan dari tanah. Bagaimana mungkin kita mendapatkan air yang bersih jika di dalam tanah kita terdapat sampah, itu sama saja kita meminum air yang bercampur dengan bahan kimia. Begitu juga dengan makanan kita yang kebanyakan bersumber dari tumbuh-tumbuhan, bagaimana mungkin tumbuhan tersebut dapat menghasilkan vitamin, protein dan sebagainya jika akar tumbuhan tersebut menyerat nutrisi yang bercampur dengan hal yang tidak baik bagi tumbuhan”jelasnya.

“itu masih sampah yang bisa hancur walaupun memakan waktu sampai puluhan tahun, bagaimana jika sampah yang tertimbum di dalam tanah adalah Styrafaam yang tidak dapat hancur sama sekali”imbuh rony.”maka dari itu, bukan hanya masyarakat biasa tetapi pengusaha produksi dan Pemerintah juga harus memperhatikan hal tersebut lebih serius lagi. Hal ini bukan untuk siapa-siapa tetapi untuk semua penghuni bumi dan keberlangsungan bumi untuk jangka panjang”

“marih sama-sama memikirkan hal itu dengan cara apapun, mulai dari yang kecil sampai ke yang besar. Lebih peduli lagi, memperhatikan dampak-dampaknya, membuat formula yang ampuh untuk melindungi bumi dari penyebab-penyebab yang akan menghancurkan bumi. Karena pada hakikatnya manusialah yang menghancurkan bumi, maka manusialah yang harus menyelamatkan bumi untuk keberlangsungan hidup semua isi bumi”

“jangan biarkan bumi hancur oleh ulah kita sendiri, selamatkanlah bumi dari kecerobohan-kecerobohan. Cuma ada satu cara yaitu peduli” tambah Rony mengajak semua element untuk merawat bumi.

Pos terkait