Supri Izhar Ingin Semua Warga Mendapat Jaminan Kesehatan

  • Whatsapp

Bogor, KPonline – Minggu 04 November 2018, sekitar pukul 13:00 wib, relawan Jamkeswatch Bogor beserta Dewan Pembina Jamkeswatch Bogor Supri Izhar, melakukan sosialisasi BPJS Kesehatan dikediaman rumah Rahmat Ketua RW 06
Desa Gunung Putri Selatan, Gunung Putri, Bogor.

Acara yang dihadiri kurang lebih 35 orang tersebut di buka oleh Ketua Karang Taruna RW 06 Wahyudi dan dilanjutkan oleh Rahmat sebagai Ketua RW 06 Desa Gunung Putri Selatan.

Bacaan Lainnya

Pada sosialisasi kali ini Supri Izhar memamparkan awal mula terbentuk dan berdirinya Jamkeswatch. Kehadiran Jamkeswatch menegaskan bahwa relawan Jamkeswacth bukanlah petugas dari BPJS Kesehatan maupun petugas rumah sakit.

Relawan Jamkeswatch adalah sekumpulan orang-orang yang bernaung di sebuah organisasi yang didirikan dari buruh untuk kepentingan masyarakat.

“Kegiatan Relawan Jamkeswatch adalah dalam hal mengawasi dan mengawal Undang-Undang Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan programnya yang dikenal dengan BPJS Kesehatan,” ungkap Supri Izhar.

Supri Izhar pun menjelaskan bahwa di dalam setiap kegiatan Jamkeswatch selalu ada 3 hal yang utama dilakukan, yaitu sosialisasi, konsultasi dan advokasi, serta Relawan Jamkeswatch dilarang atau tidak boleh memungut biaya atas 3 hal utama tersebut.

Sesi tanya jawab menjadi acara utama dalam setiap sosialisasi BPJS Kesehatan, dan kali ini dan sesi tanya jawab ini dipimpin oleh Aden Arthajaya yang juga merupakan Kepala Bidang Pendidikan Jamkeswatch Bogor.

Adapun yang menjadi masalah utama yang sering dihadapi oleh masyarakat Desa Gunung Putri Selatan, khususnya di RW 06 adalah tentang kepesertaan BPJS Kesehatan.

Masih banyak warga yang sudah terdaftar di BPJS Kesehatan, namun belum memiliki kartu kepesertaan BPJS Kesehatan.

Ada pun warga kurang mampu atau masyarakat miskin yang belum diikut sertakan dalam program BPJS Kesehatan, akan segera dibantu oleh Relawan Jamkeswatch dalam waktu dekat.

Untuk beberapa peserta yang sudah terdaftar akan tetapi kartu kepesertaan BPJS Kesehatan ada masalah, diantaranya kartu kepesertaan belum jadi, kartu kepesertaan belum diberikan, bahkan ada juga kartu kepesertaan tidak sesuai dengan identitas kependudukan.

Atas hal-hal tersebut diatas, Relawan Jamkeswatch Bogor siap membantu warga RW 06 Desa Gunung Putri Selatan.

Besar harapan Supri Izhar beserta Relawan Jamkeswatch Bogor dengan diadakannya sosialisasi ini, warga RW 06 menjadi paham akan manfaat program Jaminan Kesehatan Nasional – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (JKN-BPJS Kesehatan).

Dalam kesempatan yang baik itu pula, dilaksanakan pembentukan Posko Pengaduan Pelayanan Kesehatan di RW 06 Desa Gunung Putri Selatan. Hal ini perlu dilakukan agar memudahkan Relawan Jamkeswatch melakukan koordinasi jika ada warga yang mengalami kendala dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pratama (puskesmas atau klinik terdekat) atau fasilitas kesehatan tingkat lanjutan (rumah sakit). (Arief Rachman)

Pos terkait