Spanyol Berpeluang Menjadi Negara Juara Euro Terbanyak

Spanyol Berpeluang Menjadi Negara Juara Euro Terbanyak

Jakarta, KPonline – Gelaran Euro 2024 sudah memasuki perempat final, 8 timnas yang lolos di antaranya Jerman, Spanyol, Perancis, Portugal, Inggris, Swiss, Belanda, dan Turki.

Gelaran perempat final pertama mempertemukan tuan rumah Jerman vs Spanyol yang dimenangkan Spanyol (2:1) dan memaksa tuan rumah Jerman terhenti di babak perempat final Euro 2024.

Di pertandingan lainnya, Timnas Portugal vs Perancis (6/7/2024) di Stadion Volksparkstadion, Hamburg. Dalam pertandingan ini, Portugal harus mengakui keunggulan Perancis melalui drama adu penalti dengan skor (5-3).

Dari hasil pertandingan, Perancis berhak maju ke babak semifinal menantang tim ‘matador’ Spanyol.

Sementara untuk pertandingan perempat final malam nanti, akan bertemu timnas Inggris vs Swiss dan timnas Belanda vs Turki.

Dalam kompetisi Euro, Jerman dan Spanyol berbagi tempat di peringkat teratas sebagai negara dengan Juara Euro terbanyak, dengan total 3 trofi, disusul Italia dan Perancis dengan 2 kali juara, serta Belanda, Ceko, Slowakia, Uni Soviet (Rusia), Yunani, Denmark, dan Portugal yang masing-masing menjuarai Euro satu kali.

Berdasarkan data di atas, jika timnas Spanyol dapat menjuarai Euro 2024, maka Spanyol menjadi negara yang berhasil 4 kali juara Euro dalam kompetisi empat tahun sekali sejak tahun 1960. (Yanto)