Solidaritas Driver Online, LSM dan Sinergi Jamkeswatch Untuk Kanaya Layak di Contoh

  • Whatsapp

Batam,KPonline – Sungguh malang nasib Kanaya yang masih berumur 4 bulan, putri salah seorang driver online dari GO JEK Indonesia, Beny. Warga Batam beralamat di Perum Tiban Riau Blok 1 No 06, 07/15 ini di diagnosa mengalami kelainan jantung.

Rabu (18/4/18) Kanaya dirujuk ke rumah sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta. Beserta orang tuanya ia di berangkatkan dari rumah sakit di Batam menggunakan pesawat dan sekitar jam 10:00 pagi Kanaya sampai di RSCM dan langsung di bawa ke IGD karena kondisi Kanaya yang drop setelah menjalani perjalanan dari Batam.

Bacaan Lainnya

Rencananya Kanaya akan berobat ke dokter spesialis jantung yang kebetulan saat itu sedang dinas keluar. Apa yang dialami Kanaya banyak mendapat simpati khususnya dari rekan seprofesi Beny orangtua Kanaya yaitu sesama driver online .

Sehari sebelum keberangkatan Kanaya ke Jakarta, saat itu juga rekan-rekan Beny melakukan penggalangan dana semaksimal mungkin untuk meringankan beban orangtua Kanaya .

Riko, salah driver online menuturkan ” Kami baru saja mendapatkan berita bahwa anak salah satu rekan kami akan di rujuk ke RSCM dan kami langsung bergerak melalui koordinator wilayah driver online yang biasa mereka berkumpul untuk mengumpulkan bantuan dan malam itu terkumpul dana lebih kurang 2 juta rupiah ” .

Riko juga menambahkan bahwa penggalangan dana ini akan terus di lakukan beberapa waktu ke depan dan ternyata rekan rekan sesama driver Beny yang berada di daerah DKI Jakarta juga melakukan penggalangan dana untuk adik Kanaya .

Riko menyampaikan bahwa ini adalah bentuk solidaritas tanpa batas dan dengan semangat “satu aspal”nya

Selain dari teman sesama driver Beny , keluarga juga mendapatkan bantuan dari komunitas Batam Berbagi , Intawani ,Garda Pagar Negeri Indonesia yang sebelum juga melakukan penggalangan dana untuk adik Kanaya .

Selain dari LSM ,organisasi sosial yang membantu Kanaya juga diketahui ada Relawan Jamkeswatch Kota Batam yang siap membantu keluarga apabila mengalami kendala dalam hal pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional.

Kanaya sendiri selama ini berobat dengan menggunakan Fasilitas BPJS PPU/PBPU/PBI dengan No BPJS 0002325256611294 .

Suprapto, Koordinator Jamkeswatch Kepri saat dihubungi kontributor KPonline menyampaikan bahwa Relawan Jamkeswatch Kota Batam akan berkoordinasi dengan Relawan Jamkeswatch DKI Jakarta untuk mengawal proses pengobatan Kanaya, karena relawan Jamkeswatch sudah ada di hampir seluruh daerah daerah di Indonesia

Saat berita ini diturunkan Relawan Jamkeswatch DKI Jakarta, Budi dan Eko menyampaikan sudah bertemu dengan Kanaya dan keluarganya

Mereka menyampaikan bahwa karena dokter spesialis jantung sedang dinas luar maka relawan Jamkeswatch DKI memfasilitasi agar Kanaya dan keluarga tinggal di Rumah singgah sampai mendapatkan perawatan di RSCM yang mana rumah singgah tersebut juga merupakan fasilitas RSCM.

Dari kisah Kanaya ini mencerminkan bahwa kepedulian masyarakat terhadap masyarakat lain yang mengalami musibah ternyata masih ada dan tidak peduli dari kalangan manapun dari suku apapun dan berada diwilayah mana pun. ( Gusril Alizar)

Pos terkait