Serikat Pekerja Ini Selenggarakan Pendidikan Dasar Untuk Anggota PKWT

Bekasi, KPonline – Pendidikan merupakan salah program kerja yang paling konsisten dilakukan oleh Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), mulai dari tingkat Unit Kerja hingga Pusat. FSPMI membagi pendidikan melalui beberapa jenjang, yakni Pendidikan Dasar, Pendidikan Lanjutan, hingga Spesialisasi.

Pendidikan spesialisasi juga terbagi dalam beberapa materi. Beberapa diantaranya adalah tentang Juru Ruding, Juru Didik, Perjanjian Kerja Bersama (PKB), dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Selain itu, FSPMI juga menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Garda Metal, Pendidikan dan Pelatihan Media Perdjoeangan, dan Sekolah Staff dan Pimpinan (Sespim).

Melalui Pendidikan, Serikat Pekerja bisa memperkuat organisasi, membangun motivasi pergerakan secara berkesinambungan, menjalin solidaritas dan kekompakan antara anggota dan pengurus.

Dalam Pendidikan Dasar, peserta akan diajarkan pentingnya seorang pekerja/buruh memiliki Serikat Pekerja, fungsi dan tujuan Serikat Pekerja, memahami kenapa disebuah perusahaan penting memiliki Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dan mengerti kemana harus berkeluh kesah ketika ada perselisihan dalam hubungan kerja.

Peserta Pendidikan Dasar PUK SPEE FSPMI PT Hitachi Power Systems Indonesia.

Untuk memberikan pendidikan kepada anggotanya, PUK SPEE FSPMI PT. Hitachi Power Systems Indonesia yang beralamat di Kawasan EJIP Plt 8E, Cikarang Selatan, Bekasi melalui Bidang Pendidikannya secara swadaya menyelenggarakan Pendidikan Dasar untuk anggota, Minggu (27/8/2017).

Kegiatan pendidikan ini dimulai pukul 08.30 wib dan selesai pukul 16.30 wib, dengan menghadirkan 4 orang Tutor, diantaranya Marlingah (Biro Bidang Perempuan Pimpinan Cabang SPEE FSPMI Kabupaten Bekasi), Aep Risnandar (Sekretaris Wakil Bidang Infokom Sosek dan Pengupahan PC SPEE FSPMI Kab.Bekasi dan Ketua PUK SPEE FSPMI PT Hitachi), Mujito (Biro Bidang PKB PC SPEE FSPMI Kabupaten Bekasi dan Sekretaris PUK SPEE FSPMI PT Hitachi) dan Hapsari ( Bendahara PC SPEE FSPMI Kabupaten Bekasi).

Setidaknya ada 17 orang peserta yang semuanya anggota dengan status PKWT.

Banyak dari mereka yang samasekali tidak tahu tentang peraturan ketenagakerjaan dan fungsi dan tujuan Serikat Pekerja. Semoga dengan rutinnya diselenggarakan pendidikan dasar buat anggota ini, bisa membekali dan memotivasi mereka untuk lebih peduli dan bersedia aktif dalam organisasi serikat pekerja.

Nampak antusias dan semangat baru dari para peserta setelah mengikuti pendidikan dasar ini.

Penulis: Ade Hermawan, peserta pendidikan Media yang diselenggarakan PC SPEE FSPMI Bekasi.

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *