Selayang Pandang tentang LKPI

Selayang Pandang tentang LKPI

Jakarta, KPonline – Menindaklanjuti amanah Rakernas KSPI, saat ini KSPI sedang menyiapkan satu lembaga namanya Lembaga Kemanusiaan Pekerja Indonesia (LKPI).

Berikut ini adalah uraian mengenai apa itu LKPI:

Bacaan Lainnya

Latar Belakang

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini kita sedang berada di satu kondisi ekonomi yang sedang lesu akibat dampak krisis global 2008 yang belum pulih hingga kini di berbagai negara termasuk di Indonesia.

Di Indonesia perekonomian mulai terasa lesu sejak 2014 yang menyebabkan jatuhnya daya beli masyarakat yang kemudian menyebabkan produk produk hasil industri dan masyarakat tidak bisa terbeli.

Hal tersebut mendorong terjadinya PHK massal hampir di seluruh sektor industri. Sehingga KSPI merasa perlu mengantisipasi dampak jangka pendek dan jangka panjang terkait phk tersebut.

Buruh dan keluarganya harus di proteksi saat mereka kehilangan pekerjaan dan kehilangan pendapatan.

LKPI yang dibentuk KSPI

Secara umum mirip BPJS yang menyelenggarakan program proteksi sosial untuk membantu dan melindungi buruh dan keluarganya dari jerat kemiskinan saat para buruh kehilangan pekerjaan

LKPI mempunyai rencana program :

1. Bantuan pendapatan saat buruh Mengalami PHK ( yang upahnya di stop).

2. Bantuan bagi janda / yatim piatu keluarga buruh.

3. Bantuan pendidikan bagi anak buruh terutama yg berprestasi.

4. Bantuan wirausaha

5. Membuat klinik dan Rumah Sakit Buruh.

6. Bantuan kemanusiaan bencana alam nasional

7. Bantuan kepada korban bencana kemanusiaan/perang.

8. Dll

Sumber Pendanaan 

Sumber pendanaan LKPI berbasis Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf para buruh terutama yang tergabung dalam KSPI.

Ramadhan tahun ini akan menjadi ramadhan pertama untuk pelaksanaan program ini.

Keberhasilan Program

Program LKPI sangat bergantung dari keyakinan, kepedulian dan kebersamaan kaum buruh terutama yang tergabung dalam KSPI untuk mau saling berbagi, saling bantu dan saling peduli baik kepada sesama kaum buruh juga kepada masyarakat yang terkena musibah.

Edukasi dan Sosialisasi

Edukasi dan sosialisasi secara terus menerus menjadi salah satu kunci keberhasilan program ini. Edukasi pemahaman akan pentingnya Berbagi dan Peduli menjadi penting agar tumbuh kesadaran tersebut di setiap diri kaum buruh.

Pengumpulan Dana

Salah satu hal krusial yang juga menjadi kunci keberhasilan adalah ketika pengumpulan uang dari anggota ke petugas zakat.

Karenanya di setiap Perusahaan akan ada petugas pengumpul zakat yang ditunjuk oleh organisasi membantu pengumpulan dana Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf kaum buruh.

Kerjasama Dengan ACT

Terkait pengumpulan dana, LKPI akan bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap ( ACT), yang sudah mempunyai Sertifikasi dan kewenangan untuk mengumpulkan dana Zakat.

Pengurus LKPI

Kepengurusan LKPI ada di tingkat pusat yang di isi oleh Perwakilan Dewan Eksekutif Nasional Dan Majelis Nasional KSPI serta para pimpinan afiliasi KSPI atau orang orang yang ditunjuk.

Di tingkat Provinsi/ cabang akan diisi oleh pengurus daerah KSPI atau orang yg ditunjuk.

Di tingkat perusahaan Di isi oleh Para pengurus unit kerja serikat pekerja Afiliasi KSPI atau orang yang ditunjuk.

Penutup

Program ini sangat bagus dan perlu mendapat dukungan dari seluruh perangkat organisasi dari tingkat pusat, wilayah, cabang dan juga unit kerja dalam rangka untuk memberikan bantuan kepada para buruh saat kehilangan pekerjaan dan pendapatan serta membantu sesama yang terkena musibah.

Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan keberkahannya.