Season 1, Pendidikan Dasar PUK SPL FSPMI PT. Lelco Trindo Nusantara

Tangerang, KPonline – Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Logam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia PT. Lelco Trindo Nusantara (PUK SPL FSPMI PT. Lelco Trindo Nusantara) menggelar pendidikan dasar di Perguruan Mathla’ul Anwar MTs-SMK Jln. Gatot Subroto KM 5,5 Kp.Ledug Jatiuwung Kota Tangerang. Minggu (10/03/19)

Acara dihadiri oleh 60 orang Peserta Pendidikan dan terbagi menjadi 2 (dua) kelas.

Materi pendidikan disampaikan oleh Pimpinan Cabang SPL FSPMI Tangerang diantaranya Bidang Pendidikan PC SPL Joko Witono dan Zaenudin, Bidang Advokasi Sopiyudin Sidik, S.H dan Harmeiyanto, S.H.

Pendidikan Dasar tentang bagaimana pentingnya berserikat dan kesadaran berserikat, di isi oleh Bidang Pendidikan Joko Witono dan Zaenudin.

Dalam UU No. 21 Tahun 2000 Tentang Kebebasan berserikat tertulis bahwa Organisasi Serikat Pekerja dibentuk oleh dan untuk pekerja/buruh baik di perusahaan maupun diluar perusahaan, yang bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokratis dan bertanggung jawab guna memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja/buruh serta meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh dan keluarganya.

Kekuatan serikat pekerja ada ditangan anggota. Persatuan dalam perjuangan adalah Mutlak!

Setelah memaparkan tentang berserikat, dilanjutkan dengan Persiapan Perundingan Bipartite. Pengertian perundingan Bipartite adalah perundingan yang dilakukan antara Serikat Pekerja/Buruh yang sudah tercatat di instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan dengan pengusaha mengenai hal-hal yang berkaitan dengan masalah ketenagakerjaan dalam hubungan industrial di suatu perusahaan.

Yang harus diperhatikan dalam perundingan Bipartite adalah sebagai berikut.
1. Analisa Persoalan yang terjadi.
2. Dapatkan Informasi yang benar, akurat dan lengkap.
3. Buatkan kronologi peristiwa/kejadian.
4. Selenggarakan rapat PUK/Tim Advokasi.
5. Bentuk Tim Perunding.
6. Siapkan data-data pendukung lainnya sebagai bahan perundingan.
7. Siapkan Surat Tugas dan Surat Kuasa.
8. Tetapkan target Perundingan.

Ketua Bidang pendidikan PC SPL Tangerang Joko Witono berharap, apa yang disampaikan dalam pendidikan dasar pemahaman organisasi dapat di implementasikan di tingkat unit kerja dan mampu mempunyai bargaining power terhadap perusahaan sehingga akan mampu meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya.

Penulis : Chuky

Facebook Comments