Selamat Jalan Rong Panha

  • Whatsapp

Bogor, KPonline, – Pada 9 Maret 2019 yang lalu, dunia perburuhan kembali berduka. Rong Panha, salah seorang aktivis buruh Kamboja meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas. Sepeda motor yang dikemudikan dirinya ditabrak oleh sebuah bus umum dipinggiran kota Pnom Penh. Malang nasib menimpa Rong Panha, almarhum meninggal dunia ditempat kejadian, sedangkan seorang sahabatnya yanb berboncengan dengan almarhum selamat dengan luka-luka disekujur tubuh.

Rong Panha merupakan aktivis buruh pekerja muda dari CCU Cambodia (The Cambodian Confederation Unions). Sebagai General Assistant di CCU Cambodia, almarhum merupakan sosok aktivis buruh yang cukup populer di kalangan para aktivis buruh. Hal inilah yang membawa almarhum, menuju jenjang dunia perburuhan ke tingkat regional ASEAN.

Bacaan Lainnya

Di ASEAN Trade Union Confederation (ATUC), Rong Panha merupakan salah seorang wakil CCU Cambodia untuk Focal Point Migrant Worker. Pengalaman dan aktifitas dirinya sebagai aktivis buruh, menjadikan dirinya cukup disegani baik di kalangan aktivis Kamboja maupun kalangan aktivis regional ASEAN.

Seperti yang diungkapkan oleh Dimas P Wardhana, salah seorang Focal Point Migrant Worker yang mewakili KSPI di ASEAN Trade Union Confederation. “Nggak menyangka aja, bakal lebih dulu mendahului kita. Terakhir bertemu dengan almarhum, pada saat Focal Point Migrant Worker Meeting pada Agustus 2018 yang lalu di Bangkok, Thailand. Saya dan almarhum merupakan satu tim sejak 2016 di ASEAN Trade Union Confederation (ATUC) untuk Focal Point Migrant Worker. Duka yang mendalam bagi saya pribadi” ungkap Dimas yang merupakan salah seorang Pengurus DPP FSP Farkes Reformasi- KSPI.

Tidak hanya bagi Dimas P Wardhana, Ketua Konsulat Cabang FSPMI Bogor Willa Faradian pun pernah bertemu dengan almarhum pada saat kunjungan kerja serikat buruh/serikat pekerja yang berafiliasi di International Labour Organization (ILO) ke Beijing, China. Willa Faradian yang juga merupakan Vice President FSPMI Bidang Pengupahan ini, mengungkapkan rasa duka dan belasungkawanya melalui akun Facebook miliknya. “Sahabat saya pada saat pertemuan ILO di Beijing, China. Rest In Peace Bro Rong” tulis Willa Faradian di akun Facebook pribadinya.

Selamat Jalan Brother Rong Panha. Istirahatlah dengan tenang, Sahabat. (RDW)

Pos terkait