KP Online

Suara Kaum Buruh

Rapat Kerja

Satukan Visi dan Antisipasi Relokasi , Forum Serikat Pekerja Astra Otoparts Gelar Raker di Cirebon

Cirebon, KPonline, – Pada Rabu 13 November 2019 bertempat di Hotel Tryas Cirebon, Forum Serikat Pekerja Astra Otoparts menggelar rapat kerja tahunan. Agenda rapat kerja ini diikuti oleh kurang lebih sekitar 80 orang peserta dari 17 PUK (Pimpinan Unit Kerja) dari 51 perusahaan yang bernaung dibawah bendera Grup Astra Otoparts.

Gunawan Yuliansyah selaku Ketua Panitia Rapat Kerja Forum Serikat Pekerja Serikat Pekerja Astra Otoparts, menjelaskan latar belakang dipilihnya Kota Cirebon sebagai tempat digelarnya agenda tahunan ini.

“Hal-hal yang mendasari dari relokasi puluhan dan bahkan mungkin ratusan perusahaan dari pulau Jawa bagian Barat menuju ke pulau Jawa bagian Tengah, adalah salah satu alasan dipilihnya Kota Cirebon sebagai tuan rumah Rapat Kerja Forum SP AOP kali ini” ungkap pria yang juga merupakan Sekretaris PC AMK-FSPMI DKI Jakarta ini.

Dan sejauh pantauan dan data yang dihimpun oleh Media Perdjoeangan, sudah ada beberapa perusahaan yang bernaung di Grup Astra yang merelokasi tempat usahanya ke pulau Jawa bagian tengah, seperti Cirebon, Semarang, Kendal, Solo, Karang Anyar dan Wonogiri, serta wilayah lainnya di Jawa Tengah. Dan upah yang tinggi, yang sering digaungkan oleh pihak pengusaha sebagai alasan mereka untuk merelokasi tempat usaha mereka.

“Forum SP AOP ini memberi warna yang baru bagi federasi serikat pekerja/serikat buruh yang ada di masing-masing PUK. Karena forum ini menyatukan visi dan misi dari berbagai federasi serikat pekerja dan serikat buruh yang telah ada terlebih dahulu” jelas Gunawan.

“Karena terkendala dengan regulasi dan legalitas hukum dari sebuah forum serikat pekerja, sehingga gerakan forum ini baru sebatas ajang komunikasi antar PUK, pertukaran informasi dan data, serta wadah silaturahmi antar PUK dari berbagai perusahaan yang ada didalam Grup Astra” lanjutnya. (RDW)