Ratusan Buruh Kawal Sidang Pleno Dewan Pengupahan Kabupaten Tangerang

Tangerang, KPonline – Menindaklanjuti hasil rapat Dewan Pengupahan Kabupaten (Depekab) Tangerang yang telah digelar di Cisarua – Bogor, (19-20 Oktober 2017), salah satu hasil keputusan rapat tersebut menyatakan bahwa hari Rabu (25/10/2017), akan dilakukan rapat pleno di kantor disnaker kabupaten Tangerang.

Agenda rapat untuk pembahasan upah minimum kabupaten untuk tahun 2018, yang semula di jadwalkan akan di mulai pukul 10.00 wib, sempat mundur. Sehingga di mulai pukul 13.00 wib.

Dalam jalannya rapat Pleno Depekab kali ini, ada beberapa kali interupsi terkait dengan adanya surat dari Asosiasi Tekstil kepada Gubernur tentangga permohonan upah padat karya.

Sementara itu diluar ruangan rapat, ratusan orang perwakilan buruh dari beberapa SP/ SB, aliansi buruh se-kabupaten Tangerang, mengikuti perkembangan jalannya rapat Pleno dengan melakukan pengawalan di luar ruangan rapat gedung disnaker kabupaten Tangerang, dengan pengawalan yang ketat dari ratusan orang personil aparat kepolisian.

Akhirnya setelah melalui perdebatan panjang, Depekab Tangerang sepakat untuk rapat Pleno berikutnya akan digelar pada tanggal 2 Nopember 2017, di kantor Disnaker kabupaten Tangerang, dengan agenda UMK 2018.

Jiga disepakati, tidak ada pembahasan upah padat karya. Dengan demikian, akhirnya rapat Pleno Depekab Tangerang, resmi ditutup sementara pukul 14.30 wib, dan akan dilanjutkan pekan depan, sesuai dengan tanggal yang telah disepakati bersama, yaitu tanggal 2 November 2017.

Penulis: Kontributor Tangerang, RD Rizal N