RAPAT KOORDINASI NASIONAL SPAMK FSPMI

Cirebon, KPonline – Menindaklanjuti hasil Kongres VI FSPMI dan Musyawarah Nasional (Munas) Serikat Pekerja Automotive Mesin & Komponen (SPAMK) yang terselenggara di Purwakarta, 22-23 Februari 2021 lalu. Pimpinan Pusat SPAMK FSPMI mengadakan Rapat Koordinasi Nasional yang dilaksanakan pada tanggal 15-16 September 2021. Dimana agenda tersebut berlangsung di Hotel Cordela, Kota Cirebon dan diikuti oleh seluruh pengurus Pimpinan Pusat serta beberapa Pimpinan Unit Kerja besar di SPAMK FSPMI.

Sebagai tuan rumah, Ketua KC FSPMI Cirebon Raya, Asep Freddy Hartono mengingatkan kembali tentang semangat Menyongsong 20 Tahun FSPMI ke depan yang harus teraktualisasi dalam semangat kerja nyata dengan melakukan upaya pengembangan organisasi serta dengan memberikan kesadaran kepada kaum buruh untuk berjuang bersama.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya, dalam sambutannya, Furqon selaku Ketua Umum SPAMK FSPMI menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan antara lain:

1. Sosialisasi AD/ART FSPMI

2. Sosialisasi AD/ART SPAMK FSPMI

3. Sosialisasi PO DPP FSPMI

4. Sosialisasi PO SPAMK FSPMI

5. Penguatan perjuangan PKB, serta

6. Pembenahan internal tiap tingkatan Pimpinan SPAMK FSPMI.

Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi oleh organisasi selama masa pandemi. Diakui bahwa semua wilayah benar-benar terdampak termasuk upaya-upaya perlawanan terhadap ancaman dan bahaya UU Cipta Kerja yang sudah berlaku dan digugat di Mahkamah Konstitusi.

Terkait Perjanjian Kerja Bersama, dari hasil pertemuan dengan Menteri Tenaga Kerja disimpulkan bahwa perusahaan dilarang mendegradasi kesejahteraan buruh yang sudah tertuang di PKB.

Oleh karena itu beliau mengapresiasi bentuk perlawanan PUK-PUK yang tergabung dalam SPAMK FSPMI khususnya PUK Yamaha Indonesia Motor Manufacturing yang begitu gigih memperjuangkan PKB tanpa Omnibuslaw dengan isu yang terus meluas bahkan mampu menambah jumlah anggota.

SPAMK FSPMI dipastikan akan terus berlawan dan memperjuangkan PKB tanpa Omnibuslaw. Pada hari pertama tersebut, perwakilan Pimpinan Cabang se-Indonesia menyampaikan laporan kondisi pengorganisiran wilayah masing-masing dan disudahi dengan paparan perbedaan AD/ART maupun PO baik FSPMI maupun SPAMK yang baru disahkan dengan yang sebelumnya.

Di hari kedua, diawali dengan penyampaian latar belakang serta perkembangan kasus hubungan industrial yang terindikasi sebagai upaya tindakan union busting terhadap anggota FSPMI di PT. GS Astra Semarang. Disampaikan bahwa Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Tengah telah memberi waktu selama 6 hari kerja (sampai tanggal 20 September 2021) untuk perusahaan segera mengembalikan pekerja yang dimutasi maupun di PHK sepihak ke bagian tempat kerja semula.

Didapat informasi bahwa manajemen PT. GS yang ada di Karawang akan segera ke Semarang (Semula tanggal 15 tapi diundur ke tanggal 17 September 2021) untuk bertemu dengan Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Tengah.

Namun demikian, dipastikan apabila Senin, 20 September 2021 tidak terselesaikan maka surat aksi tanggal 21 September 2021 akan tetap berlaku dan dilaksanakanlah aksi unjuk rasa dengan akan dihadiri pula oleh beberapa pengurus Pimpinan Pusat SPAMK FSPMI maupun pasukan solidaritas dari utusan anggota FSPMI se-Jawa Tengah di depan pabrik PT. GS Semarang.

Sabilar Rosyad dalam sambutannya.

Selanjutnya, Sekretaris Jenderal FSPMI yakni Sabilar Rosyad mewakili DPP FSPMI yang kebetulan juga tengah ada kegiatan dan bersamaan waktunya dengan kegiatan Rapat Koordinasi Nasional ini memberikan sambutan dan menyampaikan tentang 4 program prioritas FSPMI yaitu:

1. Organizer; Menambah jumlah, merawat, mengedukasi anggota.

2. Disiplin COS; Ketepatan waktu, transparansi jumlah COS maupun jumlah anggota PUK serta persiapan penggunaan aplikasi.

3. Penguatan Advokasi
Segera dilakukannya konferensi pers yang akan mengangkat beberapa persoalan hubungan industrial di beberapa PUK SPA sehingga menjadi isu nasional.

4. Penguatan Perjanjian Kerja Bersama
Perlawanan terhadap upaya degradasi kesejahteraan pekerja.

Kegiatan Rapat Koordinasi Nasional SPAMK FSPMI ini berjalan dengan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan dan segera ditindaklanjuti oleh seluruh Pimpinan Cabang untuk mensosialisasikan lebih lanjut kepada tiap PUK di wilayah masing-masing.
Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Wahyu Hidayat
Sekbid Infokom PP SPAMK FSPMI

Pos terkait