Rapat Koordinasi DPW FSPMI Kalimantan Selatan

  • Whatsapp
Kalimantan Selatan, KPonline –¬†Dewan Pimpinan Wilayah Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (DPW FSPMI) Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan rapat koordinasi setiap 2 bulan sekali. Dalam kesempatan kali ini, rapat koodinasi diselenggarakan hari Sabtu (23/9/2017) yang dihadiri oleh 10 PUK SPAI FSPMI dan 1 PUK SPEE FSPMI PT. HPI Kapuas – Kalteng.
Dalam rapat koordinasi ini membahas beberapa hal, yaitu UMP Tahun 2018, list data anggota SPA FSPMI untuk pembuatan KTA, dan rencana Pembentukan Biro Perempuan FSPMI Kalimantan Selatan,
Pembahasan perumusan UMP 2018, di pandu oleh Wakil Ketua DPW FSPMI Kalimantan Selatan H. Mukhtaruddin, MBA yang juga utusan FSPMI di Dewan Pengupahan Provinsi Kalimantan Selatan.
Pembahasan berlangsung hangat, dimana PUK sangat antusias mengikuti diskusi mengenai upah ini. Diselingi debat yang semakin menambah cakrawala pandang bagi peserta rapat koodinasi. Agenda pertama ini dimulai pada pukul 09.30 Wita dan berakhir pada pukul 12.15 Wita, yang dilanjutkan dengan makan bersama, sholat, dan istirahat.
Selanjutnya agenda kedua dan ketiga oleh Sekretaris DPW FSPMI Kalimantan Selatan Drs. Akhmad Yamani, yang juga sebagai anggota LKS Tirpartit Daerah Kalimantan Selatan.
Untuk tertibnya administrasi keanggotaan, maka diperlukan pembaharuan data/list anggota dari seluruh PUK yang untuk selanjutnya akan disampaikan kepada Pimpinan Pusat SPA FSPMI untuk mendapatkan KTA sebagaimana mestinya.
Selanjutnya adalah pembahasan rencana pembentukan Biro Perempuan FSPMI Kalimantan Selatan. Dimana rapat koordinasi ini, ada 7 srikandi FSPMI di Kalimantan Selatan dari beberapa PUK yang berkeinginan membentuk Biro Perempuan FSPMI.
Ketujuh anggota perempuan yang hadir dalam rapat koordinasi ini menjadi inisiator dan berencana minggu pertama bulan Oktober 2017 akan mengundang 25 atau 30 perempuan di seluruh PUK untuk membentuk Biro Perempuan. Pembentukan Biro Perempuan ini diamini dan didukung oleh semua peserta rapat, sembari menikmati gorengan yang tersaji walau sederhana tetapi semakin menumbuhkan kebersamaan.
Ketua DPW FSPMI Kalimantan Selatan Yoeyoen Indharto mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta rapat koordinasi, terutama kepada 7 srikandi inisiator pembentukan Biro Perempuan FSPMI Kalimantan Selatan yang hadir dalam rapat ini.
“Semoga kiprah para Perempuan FSPMI akan lebih memotivasi buruh-buruh perempuan lainnya, khususnya dikalangan FSPMI Kalimantan Selatan dan pada umumnya buruh-buruh perempuan di Banua (Kalsel),” kata pria yang akrab disapa bung Yoen ini.
Lebih lanjut, dia mengatakan agar setiap kader FSPMI tidak takut untuk berjuang apalagi untuk kepentingan orang banyak khususnya kaum buruh dan masyarakat luas pada umumnya karena bila kita berbuat demi dan untuk kepentingan rakyat (kaum buruh). Yakinlah Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT tidak akan pernah tinggal diam.
Tepat pada pukul 18.00 rapat koodinasi diakhiri dengan pembacaan doa oleh Samsul Ma’rif, S.Ag.