PUK SPAMK FSPMI PT SAMI Jepara Adakan Pendidikan Dasar Untuk Anggota

PUK SPAMK FSPMI PT SAMI Jepara Adakan Pendidikan Dasar Untuk Anggota

Jepara, KPonline – Hari libur, buruh yang tergabung dalam Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Automotif Mesin dan Komponen Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (PUK SPAMK FSPMI) PT. SAMI-JF mengikuti Pendidikan Dasar (Diksar) Serikat Pekerja, Minggu (15/12/2019).

Pendidikan dasar serikat pekerja tersebut diselenggarakan oleh pengurus PUK SPAMK FSPMI PT. SAMI-JF bidang Pendidikan.

Mengenai tempat, pendidikan dasar serikat pekerja tersebut diselenggarakan pada sebuah tempat yang tergolong sederhana yaitu di Gedung Serbaguna Al-Hikmah Mayong, Jepara. Dengan dukungan Garda Metal dan Badan Koordinasi (Bakor) PUK SPAMK FSPMI PT. SAMI-JF pendidikan dasar tersebut dapat terselenggara.

Dan yang bikin lebih greget, pendidikan dasar yang diselenggarakan hari ini dihadiri oleh pengurus Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Automotif Mesin dan Komponen Federasi Serikat Metal Indonesia (PC SPAMK FSPMI) Semarang yang terkenal dengan senyumnya yang manis, Pratomo Hadinata ia bernama. Yang akan ikut menyampaikan materi pendidikan dasar pada kesempatan kali ini.

Rundown acara pendidikan yang telah disusun menjadi penuntun jalannya acara pendidikan dasar kali ini.

Pembukaan yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars FSPMI mengawali keberlangsungan pendidikan dasar serikat pekerja.

Setelah itu, sambutan tidak lupa disampaikan oleh wakil ketua bidang pendidikan PUK SPAMK FSPMI PT. SAMI-JF.

“Pendidikan dasar adalah hak bagi anggota dan tentunya kewajiban pula bagi pengurus untuk memberikan. Maka dari itu, penting untuk bekal pekerja atau buruh di PT. SAMI-JF. Bukan itu saja, dari kepengurusan sangat membutuhkan kritik dan saran dari anggota. Kita dari kepengurusan tidak pernah anti kritik.” ujar Thomas Veno.

“Kita harus selalu menjaga kekompakan, selalu mendukung apa yang dijalankan PUK dengan cara mengikuti segala intruksi yang diberikan PUK.” imbuh Thomas Veno.

Materi pengenalan serikat pekerja dengan delapan hak dasar bekerja menjadi materi pokok dan gencar disampaikan pada pendidikan dasar yang sedang berlangsung. Pratomo Hadinata pengurus bidang pendidikan PC SPAMK FSPMI Semarang turut mengambil peran dalam menyampaikan materi tersebut. Tak lupa pula ia turut memberikan sepatah kata.

“Buruh harus pintar, buruh harus tahu apa saja hak yang harus dia dapat setelah melakukan kewajibannya terhadap perusahaan yaitu bekerja. Maka dari itu, harapannya yang disampaikan pada pendidikan dasar kali ini, mampu memberi bekal pengetahuan mengenai apa dan bagaimana berserikat.” imbuh Pratomo.

Selain itu, dia juga berharap agar buruh yang telah mengikuti pendidikan untuk mampu mendorong dan mengkokohkan serikat pekerja khususnya PUK SPAMK FSPMI PT. SAMI-JF dalam memeperjuangkan kesejahteraan buruh di PT. SAMI-JF.

“Panjang umur perjuangan, jangan kau kalah dengan zaman.” mungkin menjadi sebuah ungkapan yang tepat yang mencerminkan perjuangan serikat pekerja agar tak pernah padam dalam mencerdaskan anggotanya dan kesejahteraannya. (Ded)