PUK FSPMI PT ENKEI: “Early Detection of Cervical Cancer,  The More you Know The Less You Fear”

Bekasi, KPonline – Peduli dengan kesehatan buruh perempuan, Bidang Pemberdayaan Perempuan PUK FSPMI PT ENKEI IND yang digawangi Nur Khanifah dan Winda Sri W,  menyelenggarakan pemeriksaan Pap Smear, Jumat (28/7/2017).

Kegiatan bertema “Early Detection of Cervical Cancer,  The More you Know The Less You Fear” ini berjalan sukses dan lancar berkat kerjasama yang solid antara pengurus PUK, Pengurus Bidang Pemberdayaan Perempuan, anggota PUK dan RS. Annisa yang merupakan Rumah Sakit rekanan PT ENKEI IND.

”Dari 50 pendaftar yang hadir sebanyak 42 orang, yang tidak hadir dikarenakan tiba-tiba datang haid. Ketua PUK Bung Ali Mansur dan Manajemen PT Enkei juga mensupport kegiatan ini,” papar Hany, sapaan akrab Nur Khanifah.

Tes pemeriksaan Pap Smear adalah pemeriksaan kesehatan wanita dengan mengambil sedikit lendir leher rahim melalui proses tertentu serta pemeriksaan dibawah mikroskop akan diperiksa perubahan sel-sel permukaan leher rahim. Test Pap smear adalah suatu metode skrining ginekologi yang di cetuskan oleh Papanikolou, yang mana bertujuan untuk mendeteksi kanker mulut rahim yang di sebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPV), sehingga kanker mulut rahim bisa dideteksi sedini mungkin sebelum berkelanjutan.

Suasana pemerikasaan Pap Smear yang diselenggarakan PUK FSPMI PT ENKEI IND

Pemeriksaan Pap Smear juga adalah salah satu cara di bidang kesehatan untuk mendeteksi kanker leher rahim secara dini. Sehingga hal ini masuk juga dalam hal pencegahan dini. Dan ada juga kategori wanita yang dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan tes pap smear ini sendiri. Kategorinya adalah wanita yang telah menikah dan juga wanita yang telah melakukan hubungan seksual.

Kanker mulut rahim ini merupakan jenis kanker yang sering terjadi pada wanita, juga merupakan penyebab kematian nomor satu dari jenis kanker yang menyerang wanita. Tetapi kanker leher rahim stadium dini yang cepat ditangani dapat sembuh 100%. Artinya, semakin dini penyakit kanker diketahui maka semakin mudah menanganinya.

Waktu yang tepat untuk melakukan tes Pap Smear adalah setiap saat di luar masa haid secara teratur. Lalu kapan dan siapa yang perlu pemeriksaan Pap Smear ini.

“Karena banyaknya manfaat dan pentingnya pemeriksaan Pap Smear ini dan juga bentuk kontribusi pengurus puk kepada anggota,maka pemeriksaan papsmear ini insyaAllah akan rutin dilakukan per 6 bulan sekali,” tutur Winda menambahkan.

Daftar Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.