Perlunya Melibatkan Anak Dan Pelajar Dalam Kegiatan Serikat Pekerja

Perlunya Melibatkan Anak Dan Pelajar Dalam Kegiatan Serikat Pekerja
Puluhan anak-anak terlibat dalam kegiatan Serikat Pekerja pada lomba melukis dan mewarnai yang digelar oleh PUK SPAMK FSPMI PT. Surabaya Autocomp Indonesia (SAI) memeriahkan perayaan HUT yang ke- 15 di kantor KC FSPMI Kabupaten Mojokerto, Minggu (09/06/2024).

Mojokerto, KPonline – Ada yang berbeda hari itu di kantor Sekretariat Bersama FSPMI Kabupaten Mojokerto yang berada di Njasem, Ngoro, Mojokerto. Kantor Serikat Pekerja yang biasanya tempat buruh-buruh berkumpul, Minggu pagi (09/06/2024), dipenuhi dengan anak-anak kecil yang berkumpul dan beraktifitas.

Suara riuh dan ramai anak-anak kecil yang sedang bermain, hilir mudik dan berbicara terdengar dari luar kantor. Balon, kanvas dan cat air yang berjejer makin membuat suasana hari itu tidak seperti biasanya.

Bacaan Lainnya

Kemeriahan itu tidak lain adalah lomba melukis dan mewarnai yang diselanggarakan oleh PUK SPAMK FSPMI PT. Surabaya Autocomp Indonesia. Lomba itu diadakan dalam rangka merayakan HUT yang Ke-15. Antusiasme dan kehebohan anak-anak, tidak kalah bila dibandingkan berkumpulnya anggota Serikat Pekerja saat mempersiapkan demontrasi atau menjalankan kegiatan organisasi.

Dalam perayaan 15 Tahun HUT PUK PT. SAI kali ini, panitia memang sengaja menggelar lomba untuk anak-anak. Tujuannya selain memeriahkan perayaan HUT, juga untuk mendekatkan keluarga pengurus maupun anggota, karena kegiatan organisasi sering menyita waktu bersama keluarga.

Alasan lainya yang tak kalah pentingnya adalah memberikan pembelajaran dan pemahaman tentang kegiatan organisasi Serikat Pekerja. Mulai kecil, anak-anak harusnya diperkenalkan bagaimana bersosialisasi dan berorganisasi. Pun begitu juga, bagi siswa atau pelajar sekolah sebaiknya dilibatkan dalam kegiatan dan pemahaman tentang Serikat Pekerja.

Setidaknya para siswa dan pelajar yang akan memasuki dunia kerja, memahami sistem ketenagakerjaan dan bagaimana menghadapi tantangan dunia usaha seiring perkembangan regulasi maupun kondisi ketenagakerjaan. Sehingga mereka tidak terjerumus dalam jebakan pekerjaan atau sistem yang menyandera hak-hak mereka.

Lomba lukis dan mewarnai untuk anak-anak anggota PUK PT. SAI, selain melatih kreatifitas anak, juga akan mendapatkan snack dan balon sebagai souvernir, hasil karya juga dapat dibawa pulang sebagai kenang-kenangan. Selain lomba lukis dan mewarnai, panitia juga mengadakan lomba video ucapan selamat yang diposting di media sosial milik PUK.

Sarfida, salah satu peserta lomba dan penerima hasiah, merasa sangat bersyukur karena diberikan kesempatan mengikuti lomba dan menjadi salah satu anggota PUK PT. SAI.

“Saya bangga menjadi bagian organisasi. Motivasi saya mengikuti lomba untuk turut serta memeriahkan perayaan hari spesial PUK PT. SAI. Terimakasih untuk hadiah dan kesempatan berharga ini. Semoga PUK PT. SAI semakin menginspirasi dan sukses dalam memberikan manfaat untuk anggota dan masyarakat,” Paparnya berkaca-kaca.

Keterlibatan anak-anak dan pelajar dalam memahami arti berserikat serta mengikuti kegiatan Serikat PekerjaPekerja perlu dipupuk sejak dini. Kurikulum belajar sebaiknya juga memasukkan Serikat Pekerja menjadi salah satu pembahasan. Mengingat kebebasan berpendapat dan berorganisasi menjadi salah satu bekal kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Apa yang dilakukan PUK PT. SAI adalah langkah awal, memperkenalkan dan memberikan pemahaman bahwa organisasi Serikat Pekerja tidak selalu berfokus pada demontrasi atau stigma kiri lainnya.

Kontributor Mojokerto
Mella