Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan Rutin Bagi Karyawan

  • Whatsapp

Tangerang, KPonline – PT Sumi Indo Kabel (SIK) dan PT Karya Sumiden Indonesia (KSI) bekerja sama dengan pihak Laboratorium CLINICHEK Jakarta, mengadakan Medical Chek Up/ program pemeriksaan kesehatan, untuk semua karyawan dan karyawati.

Program pemeriksaan kesehatan rutin dilakukan selama 1 tahun sekali, serta diwajibkan untuk semua karyawan dan karyawati.
Pemeriksaan kesehatan/ Medical Chek Up terdiri dari pemeriksaan Fisik, ECG, Rontgen, Spirometri, Audiometri, Mata, Laboratorium (Darah dan Urin), serta pemeriksaan tinggi juga berat badan.

Acara pemeriksaan kesehatan yang digelar selama 2 hari, Senin- Selasa (19-20/12/2016), di Gedung Olah Raga PT SIK, bertujuan untuk menumbuhkan rasa kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan.

Di samping itu, pemeriksaan kesehatan ini dilakukan supaya, apabila karyawan mengalami masalah kesehatan, khususnya yang mungkin diakibatkan dari aktivitas pekerjaan atau lingkungan tempat kerja bisa terdeteksi sejak dini. Dan bisa diambil langkah-langkah penanggulangannya.

Jika karyawan terbukti mengalami gangguan kesehatan/ mempunyai penyakit yang mungkin bisa membahayakan dirinya, ataupun penyakit yang berpotensi menular pada orang lain, bisa di tindak lanjuti oleh pihak perusahaan dengan cara melakukan tindakan perawatan atau penyembuhan dengan pertimbangan hasil Laboratorium/ rujukan dari dokter yang memeriksa.

Program pemeriksaan kesehatan ini mendapatkan tanggapan yang positif dari para pekerja/ karyawan. Hal ini terbukti dari Antusiasme para pekerja/ karyawan dalam mengikuti program pemeriksaan kesehatan sangat tinggi.

Dalam pemeriksaan Fisik, dokter yang bertugas memeriksa mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan dengan cara menjaga pola makan dan minum yang sehat, berolah raga dan istirahat secara teratur, kurangi merokok, dan hindari minuman yang mengandung alkohol. Disampingnya itu, dokter menyarankan agar tidak menjalankan pola hidup bebas serta jangan mengkonsumsi narkoba apalagi dengan menggunakan jarum suntik secara bergantian. Karena bisa menularkan bibit penyakit seperti AIDS.

Pihak perusahaan berharap program ini bisa menjadi motivasi untuk menumbuhkan rasa kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan. Karena dengan kondisi badan yang sehat, bisa menciptakan lingkungan kerja yang baik dan sehat, sehingga aman dan nyaman saat beraktivitas. (*)

Penulis: RD. Rizal