Pendidikan Dasar Serikat Pekerja PUK SPAMK FSPMI PT. Muncul Armada Raya

  • Whatsapp
​Foto bersama peserta pelatihan pendidikan dasar serikat pekerja PUK SPAMK FSPMI PT. Muncul Armada Raya di aula gedung Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kota Semarang (05/05/16)

Semarang,KPOnline – Awake dewe kudu pinter yen pingin urip mulyo ( Diri Kita haruslah pintar jika kita menginginkan hidup sejahtera ) begitulah tema yang diangkat pada acara Pendidikan Dasar Serikat Pekerja PUK SPAMK FSPMI PT. Muncul Armada Raya yang diselenggarakan di BPJS Ketenagakerjaan Kota Semarang (05/05/16).

Menjadi hal yang sangat penting untuk buruh mengetahui tentang aturan-aturan terkait ketenagakerjaan, baik tentang hak maupun kewajibannya dikarenakan merekalah yang berimbas secara langsung, hal ini dimaksudkan agar terjadi keseimbangan antara apa yang mereka kerjakan dan apa yang mereka terima. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya buruh hampir tidak mempunyai waktu luang untuk mempelajari berbagai Undang-Undang tentang Ketenagakerjaan, Dasar Hukum Organisi Buruh, Sejarah Pergerakan Buruh dan aturan-aturan lainnya sehingga di saat buruh ini berserikat hanya akan menggantungkan sepenuhnya kepada pengurusnya. “Bagaimana Kami bisa belajar, sedangkan waktu kami banyak kami habiskan dijalan mengingat pekerjaan kami di bagian ekspedisi, adapun waktu libur lebih kami gunakan untuk bercengkerama dengan keluarga atau beristirahat. Maka dari itu, kami senang sekali dengan adanya pendidikan dasar ini, membuat kami sadar tentang perlunya memahami aturan ketenagakerjaan dan pentingnya kerjasama dalam berorganisasi .” ungkap Ketua PUK SPAMK FSPMI PT. Muncul Armada Raya Suharyono .

Bacaan Lainnya

Melihat kondisi buruh yang bekerja di Ekspedisi memang rata-rata keluhan mereka lebih kepada waktu, sebagian besar waktu mereka habis di jalan sehingga waktu untuk berkumpul keluargapun berkurang apalagi untuk bertemu sesama anggota, situasi ini menjadi rentan menuju kepada perilaku Individualis, bila hal itu terjadi maka akan berkuranglah rasa solidaritas dan kepedulian antara anggota satu dengan angota lainnya.

Pendidikan dasar ini diselenggarakan dengan harapan agar anggota mampu membangkitkan kembali semangat mereka dalam bekerja dan berorganisasi sehingga terciptanya keseimbangan di dalam hubungan industrial. Dan yang paling terpenting adalah dengan terbukanya kesadaran tentang pentingnya berorganisasi ini akan memunculkan kader-kader baru yang akan mengisi kepemimpinan organisasi kedepan atau regenerasi, dan juga lewat pendidikan dasar ini dtanamkan tentang pentingnya kerjasama dan rasa empati antar anggota FSPMI. *Ags*

Pos terkait