Pendidikan Advokasi, Wujud Dan Tanggung Jawab Serikat Pekerja Yang Kuat

  • Whatsapp

Mojokerto, KPonline – Pimpinan Cabang Serikat Pekerja Aneka Industri (SPAI) Kabupaten Mojokerto menyelenggarakan pendidikan advokasi di Kantor Konsulat Cabang FSPMI Mojokerto (23/11/2019).

Eka Hernawati ketua PC SPAI Kabupaten Mojokerto dalam sambutannya mengatakan pentingnya pendidikan advokasi sangat penting bagi anggota serikat pekerja.

Berita Lainnya

“Advokasi adalah bagian dari perjuangan serikat pekerja, untuk itu pendidikan advokasi harus didapatkan oleh anggota serikat pekerja,” ucapnya dihadapan peserta pendidikan.

Dalam pendidikan kali ini turut diundang pula perwakilan seluruh Pimpinan Unit Kerja se Jawa Timur, yaitu Mojokerto, Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan dan Tuban.


Kepada 50 peserta perwakilan PUK dari masing-masing daerah, Eka mengingatkan bahwa sektor Aneka Industri sangat rentan terjadi permasalahan di unit kerja, termasuk pelanggaran atau perselisihan perjanjiannya kerja.

Materi pendidikan diberikan langsung oleh Pimpinan Pusat SPAI FSPMI bidang pendidikan Rahmad Binsar dan Bambang Santoso. Dalam materinya Rahmat menjelaskan tentang penguatan advokasi di dalam Unit kerja dan juga di luar perusahaan.

Sedangkan Bambang menyampaikan tata cara advokasi dalam penyelesaian permasalahan hubungan industrial. Selain itu untuk lebih mematangkan pemahaman dikupas juga beberapa contoh kasus permasalahan industrial dan korelasinya dengan isi dari Perjanjian Kerja Bersama yang dibuat oleh Serikat Pekerja. (Herman Paman)

Pos terkait