Pelayanan Pasang Listrik Lambat, Upah Pekerja Terhambat

  • Whatsapp

Bekasi, KPonline – Listrik adalah Sumber energi yang sangat berpengaruh dalam menggerakkan ekonomi masyarakat. Sesuai dengan slogan PLN “Listrik Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik”. Slogan tersebut harus dibuktikan oleh PLN.

Namun saat ini masyarakat mengeluhkan lambatnya pelayanan PLN. Pelayanan yang dikeluhkan masyarakat diantaranya pasang listrik yang lambat.

Bacaan Lainnya

Di wilayah Tambun misalnya, seorang warga merasa karena harus menunggu listriknya dipasang, usahanya menjadi terhambat di ruko yang baru dia beli. Lain lagi di daerah Medan Satria, warga sudah 1 bulan menunggu listriknya dipasang untuk kontrakan miliknya.

Ternyata lambatnya proses pasang listrik sangat berpengaruh pada pekerja. Penghasilan petugas outsourcing PLN di bagian penyambungan menjadi berkurang karena mereka diupah tidak berdasarkan UMK yang berlaku. Mereka hanya dibayar berdasarkan pekerjaan yang dilakukan yaitu Rp. 25.000,- untuk setiap 1 meteran yang dipasang.

Seorang petugas penyambungan PLN yang tidak mau disebutkan namanya mengungkapkan penyebab lambatnya pemasangan meteran listrik karena material kosong.

“Sudah 2 bulan material kosong,” jelasnya sambil mengeluhkan dirinya tidak mendapatkan fasilitas BPJS dan DPLK tidak seperti petugas Yantek dan biller.

Selain itu, perusahaan-perusahaan swasta yang menjadi vendor outsourcing juga mengalami masalah tagihan kerja PLN tidak kunjung cair.

Malah ada vendor yang harus merumahkan sebagian pekerjanya karena uang simpanannya sudah terkuras untuk membayar upah pekerja karena tagihan dari PLN belum turun. (Chandra)

Pos terkait